Ketua Terpilih INSA Kendari Sambangi KsOP Bungkutoko

  • Bagikan

H Muh Sapril MS (dua dari kiri) seusai melakukan audiensi dengan Kepala KsOP Bungkutoko Kendari (dua dari kanan).

KENDARI, BKK- Ketua terpilih Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesia National Shipowners Association (INSA) Kota Kendari H Muh Sapril MS melakukan audiensi dengan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KsOP) Bungkutoko Kendari Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Agus Winarto.

Kedua pucuk organisasi membahas, salah satunya, pengukuhan DPC INSA Kendari yang akan digelar dalam waktu dekat.

Kepala KsOP Pelabuhan Bungkutoko Kendari Letkol Marinir Agus Winarto mengapresiasi dan mendukung hadirnya DPC INSA Kendari, dalam pemberdayaan kegiatan usaha pelayaran dengan berbagai program, salah satunya, keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Semoga bisa meningkatkan perkembangan perusahaan pelayaran yang bergerak di berbagai sektor, tentu akan berdampak positif pada pelayanan masyarakat serta menjadi bagian penting dalam menopang perkembangan ekonomi Kendari,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, KsOP Kendari mempunyai tugas, di antaranya melakukan  pengawasan dan pemenuhan kelayaklautan kapal, sertifikasi kapal, pencegahan pencemaran dari kapal, dan penetapan status hukum kapal.

Selain itu, pemeriksaan manajemen keselamatan kapal dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran.

“KsOP sangat tegas terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran, kita selalu perhatikan dan memeriksa alat-alat keselamatan kapal berfungsi atau tidak, serta memperhatikan kapasitas muatan jangan sampai berlebihan,” ujarnya, Senin (7/2).

Sementara, Ketua INSA Kendari  Muh Sapril mengatakan, kunjungannya di KsOP Kendari selain membahas keselamatan dan keamanan pelayaran, juga membahas rencana pengukuhan  INSA Kendari yang dicanangkan pada 16 Februari 2022.

“INSA akan rutinkan lagi komunikasi dengan KsOP untuk menjalin sinergitas yang lebih erat, guna meningkatkan dunia pelayaran  yang orientasinya pada keselamatan,” ucapnya.

Keselamatan dan keamanan pelayaran di laut merupakan salah satu program yang digagas INSA Kendari.

“KsOP dan kepala unit penyelenggara pelabuhan (KUPP) di daerah serta INSA akan selalu bersinergi untuk mewujudkan  keselamatan dan keamanan pelayaran,” pungkasnya.

Muh Sapril terpilih sebagai Ketua INSA Kendari pada 16 Juni 2021 lalu, dan INSA Kendari menjadi cabang ke- 45. (din/iis)

  • Bagikan