Buton Pamerkan Kopi Kaongke-ongkea di HPN

  • Bagikan

Ma’mul Djamal. (FOTO: WATY/BKK)

KENDARI, BKK- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang diselenggarakan di Kota Kendari, menjadi ajang memperkenalkan produk unggulan daerah bagi 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kabupaten Buton, misalnya, memamerkan 4 komoditas unggulan, yaitu kelapa genjah, tanaman pala, padi gogo, dan kopi robusta khas Buton yang disebut kopi Kaongke-ongkea.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Buton Ma’mul Djamal ditemui di stand pameran HPN di eks MTQ Square Kendari menjelaskan, Selasa (8/2), pemasaran komoditas unggulan ini masih sejauh dari petani dan masyarakat sekitar Kabupaten Buton.

Namun ke depan, kata dia, akan dipasarkan di berbagai daerah, bahkan ditargetkan untuk bisa ekspor.

“Khusus tanaman kelapa genjah dan pala menjadi prioritas utama yang memiliki nilai ekonomi tinggi jika dikelola dengan baik,” ungkap Ma’mul.

Ia menuturkan, pada 2022 ini pihaknya sudah melakukan penanaman sekitar 50 ribu pohon pala dan 10 ribu kelapa genjah.

“Saya yakin jika ini tumbuh bagus, maka volume produktivitas akan lebih besar. Harapannya, ke depan lebih menyejahterakan petani,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk kelayakan ekspor, sudah dipikirkan juga dengan peningkatan kapasitas petani untuk mengikuti cara tanam sesuai petunjuk teknis sehingga berkualitas.

Pihaknya, kata dia, mengkaji dengan teknik analisa usaha tanaman tersebut agar dapat menyejahterakan petani pada puluhan tahu ke depan.

“Makanya 2 tahun terakhir, yang menjadi fokus pengembangan empat komoditas unggulan Buton selain aspal. Kami berharap semua komoditas tersebut dapat dikenal dan dimanfaatkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Kami juga berharap ke depannya dapat bernilai ekonomi tinggi untuk masyarakat,” tandasnya. (cr4/iis)

  • Bagikan