Pemkab Konawe Bakal Sweeping Kartu Vaksin di Terminal

  • Bagikan

Bupati Kery Saiful Konggoasa bersama Sekda Ferdinan saat memantau jalannya program vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun yang digelar di SDN 3 Unaaha, Selasa (8/2).

UNAAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe yang tergabung dalam tim terpadu, dalam waktu dekat akan bertugas memeriksa surat keterangan vaksin Covid-19 bagi para pengendara dan penumpang dari luar kabupaten yang melintas di jalan provinsi.

Hal itu dikatakan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa usai memantau jalannya program vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun di SDN 3 Unaaha, Selasa (8/2).

Dikatakan, tempat pemeriksaan akan dipusatkan di terminal antarkota dan antarkabupaten (AKDP) di Kecamatan Wawotobi.

Sehingga, lanjutnya, bagi masyarakat yang melintas di jalur itu (provinsi, red) harus memperlihatkan kartu vaksin sebagai syarat untuk melanjutkan perjalanannya, baik yang hendak masuk dari arah Kota Kendari maupun yang berlawanan arah dari arah Kabupaten Kolaka.

“Jadi, kami tekankan kepada tim terpadu itu harus ketat. Bagi yang tidak dapat menunjukkan kartu vaksinnya jangan dikasih kelonggaran untuk melanjutkan perjalannya,” ujarnya.

Terkait dengan rencana itu, ia mengaku telah berdiskusi dengan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinan Sapan terkait mekanisme dan rencana jadwal pemberlakuan aturan pemeriksaan kartu vaksin itu, khususnya bagi para pelintas jalan lintas kabupaten di Konawe.

“Akan segera kita laksanakan. Tinggal menunggu tekhnisnya bagaimana, karena tim ini akan melibatkan sejumlah instansi, sehingga perlu untuk dirapatkan secara bersama,” paparnya.

Tim yang terlibat, kata Kery, yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol-PP Konawe, termasuk unsur TNI-Polri.

Dikatakannya, mengenai hal ini supaya masyarakat sebelum bepergian, untuk segera melengkapi administrasi vaksin yang menjadi syarat aturan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang telah berlaku secara nasional.

Sedangkan bagi yang belum melakukan vaksin, lanjutnya, tim terpadu menyediakan gerai vaksin di lokasi tersebut (terminal, red). Sehingga bagi masyarakat yang bersedia bisa melakukan vaksin secara suka rela. (irm/nir)

  • Bagikan