Maret 2022, DD Tahap Awal Cair di Muna

  • Bagikan

Kadis DMPD Kabupaten Muna Rustam.

RAHA, BKK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna menargetkan awal Maret 2022, Dana Desa (DD) tahap awal cair.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pencairan DD, DPMD Muna Kamis (10/2), mengikuti sosialisasi pencairan DD tahun 2022, yang digelar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Raha.

Sosialisasi tersebut diikuti DPMD Muna, BKAD Muna, DPMD Muna Barat (Mubar), dan DPPKAD Mubar.

Sosialisasi tersebut dilakukan digelar mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) RI nomor 190/PMK/07/2021 tentang pengelolaan Dana Desa dalam rangka percepatan DD tahun 2022.

“Sosialisasi tentang  pengelolaan DD dan percepatan pencairan DD tahun 2022 ini sangat penting dilakukan, agar kita tidak salah dalam memproses pencairan DD tahun 2022,” ujar Kepala DPMD Kabupaten Muna Rustam, Kamis (10/2).

Apalagi, lanjutnya, ada aplikasi yang diluncurkan KPPN dalam proses pencairan DD tahun 2022. Namanya, sebut dia, aplikasi Omspan.

Khusus di Kabupaten Muna, katanya, pencairan DD ditarget cair awal Maret 2022.

“Kita target DD tahap awal tahun 2022 cair Maret ini. Tahun lalu juga kita cair pada Maret. Saat ini kita masih menyusun RAPBdes. Setelah itu baru kita evaluasi dan terahir dilakukan pencairan,” jelas Rustam.

Berkait terjadi penguran DD sekitar Rp14 miliar di 2022 ini dari pemerintah pusat, Rustam membenarkannya.

“Total DD kita tahun lalu sekitar Rp124 miliar. Tahun ini ada pengurangan pagu dari pemerintah pusat sekitar Rp14 miliar. Jadi, tinggal sekitar 110 miliar DD kita tahun ini. Estimasi perdesa itu berkurang sekitar Rp118 juta DD tahun ini,” pungkas Kadis DPMD Muna ini. (tri/nir)

  • Bagikan