Tingkatkan Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemkab Konkep Gelar Bimtek SIPD

  • Bagikan

Suasana pendampingan penatausahaan keuangan melalui aplikasi SIPD di Pendopo Rujab Bupati Konkep, Sabtu (12/2). (FOTO: IST)

LANGARA, BKK – Tidak ingin pengelolaan keuangan daerah terkendala dengan ketidak mampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengaplikasikan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Badan Keuangan Daerah (BKD) Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan secara digital.

Kepala BKD Konkep Mahmud mengatakan, kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dilingkup Pemkab Konkep, yang diakuinya selama ini masih belum maksimal dalam menerapkan aplikasi pengelola keuangan daerah secara digital.

“Jadi, proses pengelolaan keuangan daerah itu semua terintegrasi di dalam sistem SIPD ini. Pendapingan pengelolaan keuangan daerah berbasis SIPD ini bertujuan untuk memfasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep tentang pelaksanaan APBD,” ujarnya.

“Karena kita tahu bahwa semua daerah termasuk Kabupaten Konkep dalam pengelolaan APBD berubah secara umum, setelah penerapan SIPD. Dan ini yang perlu disesuaikan khususnya para pengelola keuangan, terutama para bendahara OPD dan kasubag program atau perencanaan,” tambahnya.

Pendampingan pengelolaan keuangan daerah tersebut lanjut Mahmud, dilaksanakan tim dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipimpin langsung Kepala BPKAD Sultra Drs Basiran MSi, di Pendopo Rujab Bupati Konkep.

“Setelah prosesi pembukaan yang dilakukan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konkep Ir Cecep Trisnajayadi, dilanjutkan dengan arahan umum Kepala BPKAD Sultra didapingi sebanyak delapan orang tim IT BPKAD provinsi yang melakukan pendapingan kepada kami, dan kepada semua operator dan bendahara,” paparnya. (ain/nir)

  • Bagikan