INSA Kendari Diharapkan Jadi Pionir Pemersatu Kemaritiman di Sultra

  • Bagikan

Penyerahan bendera DPC INSA Kendari oleh DPP INSA, Kapten Zaenal Arifin Hasibuan kepada Ketua DPC INSA Kendari, H Muh Sapril MS.

KENDARI, BKK – Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Kapten Zaenal Arifin Hasibuan secara resmi mengukuhkan pengurus  Dewan Pengurus Cabang (DPC) INSA Kota Kendari periode 2021-2025 di Claro Hotel Kendari, Sabtu (19/2).

Pengukuhan dihadiri, di antaranya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Dandim 1417/Kendari, KSOP Kelas II Kendari.

Zaenal berharap, INSA Kendari segera berbuat mengingat kegiatan maritim meningkat dengan adanya industri nikel yang membutuhkan asupan batu bara. Artinya, angkutan perairan menjadi penting untuk kelancaran investasi.

“Semua itu membutuhkan kapal dan kapal itu domainnya INSA. Makanya, hadirnya INSA diharapkan menjadi pionir pemersatu kegiatan kemaritiman di Sultra. Sesuai amanah AD/ART bahwa INSA harus bisa menjadi pemicu majunya angkutan perairan di setiap daerah,” ungkapnya kepada sejumlah awak media saat dimintai keterangan.

Suasana foto bersama seusai pengukuhan DPC INSA Kendari periode 2021- 2025.

Zaenal menambahkan, kehadiran INSA di Kendari tidak hanya sekadar menjalankan bisnis yang sudah ada, melainkan bagaimana memicu terbentuknya usaha-usaha lainnya, terutama terkait  perusahaan pelayaran.

“Kalau ada perusahaan pelayanan tentu ada tempat perbaikan kapal, spare part kapal, kebutuhan makanan, banyak sekali. Jadi harapannya juga INSA turut aktif menjadi pionir bagaimana Kendari ini tidak sekedar komoditas tetapi memiliki alat transportasi yang tangguh. Jadi pelan-pelan merambah ke sektor lainnya. Semua dipicu komoditas andalan, lalu muncullah kapal,” cetusnya.

Sementara, Ketua DPC INSA Kendari H Muh Sapril MS memastikan, segera melakukan rapat kerja guna membahas sejumlah permasalahan pelayaran di Kota Kendari.

Prosesi menjelang pelantikan pengurus INSA Kendari periode 2021- 2025.

“Kita akan bicarakan program kerja, menata dunia pelayaran di Sultra sehingga betul-betul sesuai arahan KSOP keselamatan kapal serta yang sering jadi polemik harga tiket penumpang,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Sapril, pihaknya bakal bertemu sejumlah stakeholder duduk bersama mencari solusi dunia pelayaran, terutama harga tiket kapal yang bervariasi.

“Setelah ini kita akan coffee morning teman-teman pelayaran mencari solusi seperti apa yang harus kita lakukan sehingga kompetisi tidak sehat itu bisa diminimalisasi, ” terang Sapril.

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP INSA, Kapten Zaenal Arifin Hasibuan membawakan sambutan.

Ketua DPRD Kendari Subhan berharap kehadiran INSA menjadi wadah yang bisa menyatukan semua kepentingan.

“Potensi Sultra ini menjadi suatu hal yang harus kita sambut, bukan saja sebagai penonton tapi menjadi pelaku pelayaran yang bisa memberikan kesejahteraan dan bisa menjadi solusi bagaimana menjadi tumbuh besar,” ungkap Subhan.

Menurut politisi PKS ini, kehadiran INSA memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerah, terutama geliat investasi yang bakal berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD).

Saat Ketua DPC INSA Kendari periode 2021-2025, H Muh Sapril MS membawakan sambutan.

“Kehadiran INSA memberikan dampak signifikan. Saya rasa ini akan memunculkan iklim investasi yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan perputaran keuangan,” pungkasnya. (din/iis)

  • Bagikan