Pekan Depan, Polresta Kendari Gelar Operasi Keselamatan

  • Bagikan

KENDARI, BKK- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari awal Merat akan menggelar operasi lalu lintas. Kegiatan ini diberi nama Operasi Keselamatan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Kendari Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rudika Harto Kanajiri SIK menuturkan, Operasi Keselamatan bakal digelar selama 14 hari mulai 1 Maret hingga 14 Maret.

Sebelum pelaksanaan, kata dia, akan dilakukan latihan praoperasi (latpraops) oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Pelaksanaan latpraops ini dilakukan agar dalam penugasan di lapangan nanti para personel benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab masing-masing,” ujar Rudika saat ditemui di Mapolresta Kendari, Jumat (25/2).

Ia melanjutkan, tujuan operasi keselamatan ini yakni meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas untuk menekan angka korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Selain itu, sambung dia, operasi tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan sosialisasi protokol kesehatan (prokes).

“Masyarakat diharapkan menjadi disiplin dan tertib berlalu lintas serta mematuhi protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kota Kendari,” ujar Rudika.

Masih kata dia, pada operasi keselamatan ini kegiatan-kegiatan kegiatan kepolisian bersifat preemtif dan preventif berupa penyuluhan, pembagian masker gratis dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

“Untuk penegakan hukum lebih kepada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan lakalantas. Penindakannya yakni dengan tilang,” ungkap Rudika.

“Kami mengharapkan dengan langkah-langkah persuasif tersebut mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan lalu lintas dan meningkatkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya. (cr2/iis)

  • Bagikan