PDAM Muna Mulai Uji Distribusi Air Bersih Ke 250 SR di 4 Desa

  • Bagikan

Direktur PDAM Muna Muh.Nurhayat Fariki SH MM (Kiri) Bersama Sekda Muna Eddi SH MSi.

RAHA, BKK – Kabar gembira bagi masyarakat di Kecamatan Kontunaga dan Lohia. Pasalnya, kemarin Selasa (1/3) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Muna telah melakukan uji distribusi air bersih ke 250 sambungan rumah (SR).

Soal ini, Direktur PDAM Muna Muh Nurhayat Fariki mengatakan, bahwa distribusi air bersih ini dilakukan di 4 desa. Yakni, sebut dia, Desa Mabolu, Kondogia, Masalili, dan Mabodo di Kecamatan Kontunaga dan Lohia.

“Uji coba distribusi air bersih perdana ini langsung kita alirkan ke 250 rumah warga. Uji coba istribusi air bersih ini sekaligus untuk membandingkan biaya operasional yang kita butuhkan,” ujar Direktur PDAM Muna ini.

Dikatakan, 250 SR yang dialirkan air bersih ini adalah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Makanya kita lakukan perbandingan biaya operasional, karena pembiayaan di masyarakat itu murah. 250 SR di Kecamatan Kotunaga dan Lohia ini dibiayai dari ADD tahun 2021. Sistem distribusi air bersih akan kita alirkan dari Jompi naik ke reservoir di Puncak Lakude yang berkapasitas 400 kubik. Nanti air akan turun secara grativitasi ke rumah-rumah warga,” jelasnya.

Ditanya apakah distribusi air bersih di 4 desa ini akan mengalir 2 hari sekali seperti di Kota Raha, Direktur PDAM Muna ini mengatakan bahwa disitribusi air bersih di 4 desa ini tidak bisa sama seperti di Kota Raha.

“Belum bisa kita lakukan begitu, maksimal dalam sepekan itu 2 kali air mengalir. Kalau pelanggan sudah ribuan, baru kita alirkan 2 hari sekali,” pungkas Direktur PDAM Muna ini. (tri/nir)

  • Bagikan