Poktan Lamoen dan Motaha Diminta Lengkapi Administrasi untuk Terima Bantuan

  • Bagikan

Wabup Konsel saat menemui para pendemo di Kantor Bupati Konsel.

ANDOOLO, BKK – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Rasyid menginstruksikan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, serta kelompok tani (poktan) Mepokoaso Desa Lamoen dan Motaha Kecamatan Angata melengkapi administrasi untuk menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) traktor roda 4.

Diketahui bantuan kepada 3 poktan di desa Laomen dan Motaha tersebut belum diserahkan karena kendala administrasi yang belum dirampungkan.

Hal tersebut terungkap saat wakil dari Surunuddin Dangga ini menyahuti tuntutan ratusan massa aksi yang tergabung dalam Front Masyarakat Tani Motaha-Lamoen di Kantor Bupati Konsel, Selasa, (1/3).

Massa aksi mempertanyakan kepastian 3 unit traktor bantuan dari Kementerian Pertanian yang digelontorkan tahun 2021, namun saat ini belum kunjung disalurkan kepada poktan di daerah mereka.

Menanggapi masalah itu, Wabup Konsel Rasyid didampingi mantan Kepala Dinas Pertanian Konsel Hidayatullah mengapresiasi kedatangan dan tuntutan hak para petani.

“Saya minta kepada Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk segera melengkapi administrasi yang dibutuhkan, dalam rangka pendistribusian bantuan 3 poktan tersebut, agar permasalahan ini tidak berlarut-larut,” tegas Rasyid di hadapan para pendemo.

Di tempat yang sama, Plt Kadis Kominfo Konsel Hidayatullah memaparkan, bahwa 2 tahun semasa dia menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian tak pernah mempersulit, apa lagi menghang-halangi untuk mendapatkan bantuan apa lagi memungut pembayaran.

“Bantuan alsintan tidak dipungut biaya, dan bantuan tersebut masih tersimpan aman ditempatnya. Jadi bapak dan ibu tak perlu khawatir,” tuntasnya. (ril/nir)

  • Bagikan