Muna Raih Penghargaan Treasury Award dari Dirjen Perbendaharaan Sultra

  • Bagikan

Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSiĀ  (kanan) menerima Penghargaan Treasury Award atas Penyaluran DAK Fisik Peringkat I terbaik tingkat Provinsi Sultra Semester II Tahun 2021, yang diserahkan Kepala KPPN Raha Sulistiyono di Aula Kantor Bupati Muna, Selasa (2/3) .

RAHA, BKK – Satu lagi prestasi luar biasa yang diraih Kabupaten Muna. Terbaru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna berhasil meraih penghargaan Treasury Award semester II tahun 2021.

Setelah Kabupaten Muna berhasil meraih peringkat I terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kinerja pelaksanaan penyaluran DAK fisik tahun 2021.

Kepala KPPN Raha Sulistiyono mengatakan, bahwa bedasarkan penilaian kinerja penyaluran DAK fisik semester II tahun 2021 oleh Kanwil DJPB Provinsi Sultra, Pemkab Muna dianggab terbaik.

“Penghargaan Treasury Award yang diraih Kabupaten Muna ini dianggap terbaik di Sultra dengan beberapa kretria,” kata Kepala KPPN Raha ini dalam sambutannya usai menyerahkan piagam Treasury Award ke Pemkab Muna yang diterima Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi, Selasa (2/3) di Aula Kantor Bupati Muna.

Kreteria pertama, katanya, kecepatan waktu penyaluran DAK fisik dari RKUN ke RKUD. Kemudian, lanjutnya, penyerapan anggaran DAK fisik, efesiensi pelaksanaan anggaran, serta partisipasi aktif berupa kecepatan pemenuhan kewajiban penyampaian ke LKT ke KPPN Raha dan kerja sama dalam pelaksanaan penyaluran DAK fisik dengan KPPN dan Kanwil DJPB.

Dia menyebut, bahwa total DAK fisik Provinsi Sultra tahun 2021 sebesar Rp2,33 triliun. Sedangkan, lanjutnya, Kabupaten Muna mendapat alokasi DAK fisik sebesar Rp178,34 miliar.

Dia melanjutkan, porsi terbesar DAK fisik Muna dialokasikan ke bidang pendidikan (Dikbud Muna), yakni sebesar Rp57,88 miliar. Kemudian bidang air minum dan sanitasi untuk penanggulangan kemiskinan dan penurunan stunting sebesar Rp41,40 miliar.

“Alhamdulillah, tentu ini prestasi yang harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi. Kami ucapkan terimakasih kepada Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, KPPN Raha, dan semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengelola dana DAK fisik,” kata Wakil Bupati Muna ini dalam sambutannya.

“Karena kadang-kadang, mempertahankan itu lebih sulit dari meraih. Tentu prestasi ini harus menjadi cambuk bagi kita semua khususnya OPD yang kelola DAK fisik di Muna,” tandasnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Muna ini memperingatkan seluruh ASN lingkup Pemkab Muna untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan. (tri/nir)

  • Bagikan