Tahun ini, Tina Nur Alam Bakal Perjuangkan Kuota Beasiswa PIP dan KIP Kuliah di Sultra

  • Bagikan

Dra Hj Tina NA, MM. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Tahun ini (2022), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Dra HJ Tina Nur Alam (NA) MM bakal memperjuangan kembaliĀ  kuota beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tercatat 2021 lalu, politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut berhasil memboyong 5 ratus kuota KIP Kuliah, dan 50 ribu PIP di bumi anoa melalui kemitraannya dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Saat ditemui, Tina NA mengatakan, beasiswa PIP menyasar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Sedangkan, KIP Kuliah menyasar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), serta mahasiswa Sultra yang kuliah di luar provinsi misalnya di Jakarta.

“Jadi beasiswa PIP dan KIP Kuliah ini saya sebar di 17 kabupaten/ kota di Sultra. Diantaranya, di Universitas Halu Oleo (UHO), STIE 66 Kendari, Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, serta universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang banyak diisi mahasiswa asal Sultra,” ujarnya, Rabu (2/3).

Tina menjelaskan, beasiswa PIP dan KIP Kuliah ini sangat penting bagi anak- anak yang kurang mampu, sebut dia, dirinya tidak menginginkan ada generasi muda di Sultra yang memiliki potensi akademik tapi tidak sekolah dan kuliah.

Sehingga, anak- anak di Sultra harus mengenyam pendidikan dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi (PT).

“Zaman sekarang itu beda dengan dulu, kalau ingin maju sekarang harus dengan kuliah. Makanya, PIP dan KIP Kuliah sejak 2020 sudah saya programkan dan perjuangkan. Mohon doanya semoga kedepan saya masih di Komisi X DPR RI ,” ucapnya.

Tina juga menargetkan, kuota beasiswa PIP dan KIP Kuliah di Sultra 2022 ini, lebih dari tahun sebelumnya. Yakni, lebih dari 50 ribu kuota PIP dan seribu KIP Kuliah. (din)

  • Bagikan