Dana Desa di Konawe Cair Pekan Ini

  • Bagikan

UNAAHA, BKK- Berjumlah 231 desa di Kabupaten Konawe mulai mencairkan anggaran dana desa (DD) triwulan pertama tahun anggaran 2022. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Keny Yuga Permana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/3).

Keny mengaku, telah  mengeluarkan rekomendasi pencairan ADD terhadap 231 desa dari total 291 desa di Konawe penerima dana pusat tersebut.

Sebanyak 231 desa ini, menurut dia, sudah merampungkan seluruh laporan administrasi penggunaan anggaran pada 2021 lalu.

“Masih ada 60 desa belum cair pekan ini, tapi tetap akan menyusul. Karena desa-desa tersebut masih dalam proses penyelesaian laporannya,” katanya.

Sehingga ia berharap, supaya sebagian desa tersebut yang belum merampungkan laporan keuangannya di tahun sebelumnya untuk segera  menuntaskannya. Agar pencairan tersebut dapat serentak mengakomodasi 291 desa ini.

Di kesempatan itu, Keny mengimbau, penggunaan DD di tahun ini dapat diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, serta peningkatan kualitas hidup manusia, penanggulangan kemiskinan, yang telah dituangkan dalam rencana kerja pemerintah desa.

“Dan yang paling penting juga, dalam setiap sektor kegiatan desa yang dibiayai oleh DD ini dapat mengutamakan sumber daya lokal dengan cara swakelola. Supaya dapat menyerap tenaga lokal dari masyarakat desa setempat,” katanya. (irm/iis)

  • Bagikan