Kery Sebut Desa Berperan terhadap Pembangunan di Konawe

  • Bagikan

Kery Saiful Konggoasa

UNAAHA, BKK РBupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, bahwa keberadaan desa di dalam suatu daerah memiliki peran yang strategis dalam pembangunan, termasuk di Kabupaten Konawe.

“Karena keberhasilan pembangunan di desa sangat akan memastikan keberhasilan pembangunan di tingkat kabupaten,” katanya, kemarin.

Menurut Kery, progres pembangunan di suatu daerah akan lebih cepat bergerak manakala progres itu bisa berjalan efektif di tingkat pemerintah terbawah, seperti pemerintah desa.

Karena, lanjutnya, desa memiliki sumber potensi lokal yang dapat direncanakan dan dikelola oleh pemerintah desa dan masyarakatnya, sehingga dapat bermuara terhadap kesejahteraan dan kemandirian daerah bersangkutan.

Oleh karenanya, Kery menegaskan, bahwa percepatan pembangunan di Konawe kuncinya ada di desa, sebagai ujung tombak pemerintah di tingkat atas untuk menciptakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya, desa juga sebagai unit pemerintah terkecil dari jenjang pemerintah daerah. Dimana tupoksinya mengatur jalannya pemerintahan desa. Sehingga, kata Kery, urusan sehari-harinya berhadapan secara langsung oleh masyarakat.

“Intinya pemerintah desa harus mampu menyelesaikan persoalan yang kompleks. Utamanya dalam bidang sosial dan ekonomi. Sehingga, jika segala urusan itu dapat dituntaskan di tingkat bawah, maka dipastikan persoalan itu dapat pula diselesaikan sampai di tingkat kabupaten,” paparnya.

Apalagi, lanjut Kery, saat ini desa mendapatkan kewenangan mengelola anggaran negara , yang tujuannya menggali potensi dan mengembangkannya untuk kesejahteraan rakyat dan kemandirian desanya. Sumber dana tersebut dari APBN yang ditransfer oleh pusat langsung ke desa bersangkutan.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada para Kepala Desa (Kades) supaya dapat memaksimalkan penggunaan anggaran Dana Desa (DD) itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuntasnya. (irm/nir)

  • Bagikan