Migor Langka, Ketua KNPI Sultra Alvin Ajak Masyarakat Manfaatkan Buah Kelapa

  • Bagikan

Ketua KNPI Sultra Alvin Akawijaya Putra meninjau langsung proses pembuatan minyak goreng dari kelapa. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Alvin Akawijaya Putra mengajak masyarakat memnfaatkan buah kelapa untuk memproduksi sendiri minyak goreng (migor).

Menurut putra Gubernur Ali Mazi ini, produksi minyak goreng dari buah kelapa sudah lama dilakukan secara tradisional. Dengan begitu, tentu proses ataupun cara pembuatannya telah dikenal masyarakat Sultra.

“Dengan begitu masalah kelangkaan minyak goreng bisa terjawab di setiap rumah tangga melalui salah satu kearifan lokal masyarakat Sultra,” kata Alvin, Sabtu (12/3).

Dikatakan, krisis minyak goreng bukan hanya terjadi di Sultra. Kelangkaan migor ini juga berdampak pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Pembuatan minyak goreng dari kelapa tersebut dapat menjadi alternatif untuk solusi sementara, bahkan kata dia bisa menjadi permanen. Olehnya itu dengan pembuatan minyak goreng lokal tersebut, saya harapkan bisa membantu masyarakat memberikan solusi terkait dengan kelangkaan minyak goreng,” terang Alvin.

Dia bilang, tujuan dirinya menginisiasi pembuatan minyak goreng tersebut untuk menjawab kelangkaan minyak goreng. Bahkan, dirinya merencanakan akan melakukan komunikasi langsung dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk membuat sektor baru pembuatan minyak goreng dari kelapa.

“Jadi kalau ada permasalahan kelangkaan minyak orang-orang tidak panik lagi. Nanti saya akan komunikasikan langsung ke top manajemen apakah pemerintah bisa ikut dalam pengembangan sektor baru minyak goreng kelapa,” ungkapnya.

Alvin menambahkan, pembuatan minyak goreng tradisional tersebut untuk di Sultra sendiri sangat melimpah bahan bakunya. Kata dia, kelapa banyak ditemui di Kabupaten Bombana sampai di Kepulauan Buton.

“Untuk di Buton Utara, Buton banyak sekali kelapa termasuk di Konawe Kepulauan (Konkep) dan Muna. Sebenarnya Sultra ini kaya dengan kelapa, kenapa kita tidak manfaatkan,” katanya.(cr3/man)

  • Bagikan