Kunjungan Kerja, Pangdam XIV/Hasanuddin Tinjau Kantor Kodim Konut

  • Bagikan

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad (kiri) bersama Bupati Konut Ruksamin dan Wakil Bupati Abu Haera  di depan Kantor Kodim 1430/Konut.

WANGGUDU, BKK – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad meninjau pembangunan Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 1430/Konawe Utara (Konut), Selasa (15/3/2022).

Pangdam bersama rombongan tiba di Wanggudu, Konut, pada sore hari setelah melakukan perjalanan darat dari Kendari. Mereka langsung ke Kantor Kodim melakukan peninjauan dan di sana diterima Bupati Konut, Ruksamin dan jajaran bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Konut.

Kedatangan Pangdam dan jajaran di Konut merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja (kunker) di Sultra.

Pangdam meninjau Kantor Kodim Konut sebelum diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman. Peresmian pembentukan Kodim 1430/Konut sekaligus peresmian kantornya dijadwalkan dilakukan tahun ini.

“Makanya sebelum peresmian, saya meninjau langsung kondisi ril bangunan kantor serta perumahan (rumah jabatan, red),” ujar Mayjen TNI Andi Muhammad¬† yang menjabat Pangdam XIV/Hasanuddin mulai 21 Januari 2022.

Dia menilai, jika dilihat secara umum Kantor Kodim Konut sudah siap untuk digunakan. Menurut Pangdam, prototipe untuk semua Kantor Kodim hampir sama, bergantung kondisi luas lahan, sehingga pihaknya menyesuaikan. Untuk Kantor Kodim sudah sesuai dengan perencanaan jajaran TNI AD.

Disebutkan, luas lahan Kodim Konut total 3,2 hektare. Idealnya, kata Pangdam, untuk Kodim dibutuhkan minimal 5 hektare, karena harus ada lapangan upacara, lapangan olahraga. dan lain-lain. “Tapi tadi Pak Bupati mengatakan nanti disiapkan secara bertahap,” ujar Pangdam.

Mengenai personel yang akan bertugas di Kodim Konut, Pangdam menyebutkan, sudah disiapkan walaupun secara bertahap karena tidak bisa sekaligus. Sebagai tahap awal, sebanyak 30 persen personel siap ditugaskan, termasuk Komandan Kodim Konut.

Setelah kunker Pangdam ini, Bupati Konut Ruksamin berharap Kodim Konut segera diresmikan. Ruksamin menegaskan, Pemerintah Kabupaten Konut siap mendukung semua kebutuhan dalam proses peresmian Kantor Kodim di wilayahnya itu.

Pangdam XIV/Hasanuddin saat menyampaikan arahan di Rujab Bupati Konut.

Usai peninjauan Kantor Kodim, Pangdam bersama jajaran dijamu di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konut. Di Rujab, jenderal bintang dua tersebut menyampaikan arahan kepada Bupati dan jajaran lingkup Pemerintah Kabupaten Konut. (mah)

  • Bagikan