Bupati Konsel Tawarkan Lahan Eks PT Kapas Jadi Pabrik Sagu

  • Bagikan

Ilustrasi.

ANDOOLO, BKK- Menyambut tawaran Badan Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra) membangun pabrik sagu di Kabupaten Konawe Selatan, Bupati Surunuddin menyatakan mendukung niatan itu.

“Kami support niat baik BUMN khususnya Bulog untuk mendirikan pabrik sagu dan ubi di Konsel,” kata Bupati Konsel Surunuddin Dangga, akhir pekan lalu.

Bahkan, kata Bupati Konsel 2 periode ini, lahan eks PT Kapas bisa direkomendasikan untuk budidaya ubi dan sagu tersebut.

Pabrik ini dilaporkan bisa mengolah ubi dan sagu menjadi produk olahan mie instan dan bahan pangan lainnya.

Pembangunan pabrik dilakukan melalui kerja sama antara Bulog Sultra bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel. Itu setelah terjadi kesepakatan dalam pertemuan Jumat (18/3), antara Bupati Konsel dan Bulog Sultra, di rumah jabatan (rujab) bupati.

Surunuddin mengatakan, Konsel khususnya Kecamatan Angata, Buke, Laieya, Mowila, Kolono, dan Ranomeeto Barat memiliki potensi sagu.

Sehingga, lanjut dia, pengembangan sagu melalui pabrik modern dari Bulog akan menjadi nilai tambah untuk percepatan ekonomi masyarakat.

“Saya sangat senang karena selain sagu, ubi juga menjadi sasaran utama pabrik yang akan dihadirkan Bulog di Konsel,” ujarnya.

Dikatakan, jenis ubi tidak butuh terlalu lama menunggu untuk dipanen dibandingkan sagu.

“Saya saja kalo makan siang pake bahan baku sagu, apalagi jika dibuat jadi mie instan, ya, cukup menarik kan. Mudah-mudahan dengan adanya pabrik sagu dan ubi nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Konsel khususnya petani sagu dan ubi,” ujarnya. (ril/iis)

  • Bagikan