Napabale Dapat Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf

  • Bagikan

Sarwati Kuasa mewakili Pemerintah Kabupaten Muna menerima Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf.

RAHA, BKK- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan Anugerah Desa Wisata 2021 kepada Desa Napabale di Kabupaten Muna, desa di mana terdapat sebuah laguna biru di sana, yang dikenal bernama Danau Napabale.

Piagam penghargaan itu diberikan Kemenparekraf pada Jumat (18/3) lalu melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Kota Kendari.

“Alhamdulillah, Desa Napabale berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Wisata 2021 oleh Kemenparekraf dan baru diumumkan pada 2022 ini,” kata Sarwati Kuasa SE MSi, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata (Dispar) Muna, Sabtu (19/3).

Ia menjelaskan, berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Muna untuk memajukan pariwisata, termasuk untuk mendapatkan dana dari pusat. Salah satunya, ungkap dia, dengan cara mengusulkan sejumlah desa wisata di Muna ke Kemenparekraf agar menjadi desa wisata di Indonesia, dan upaya itu membuahkan hasil.

Dengan menjadi desa wisata di Indonesia, jelas Sarwati, maka potensi pariwisata Muna untuk mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat terbuka lebar.

“Untuk 2022 ini, kita akan mengusulkan lagi 5 desa untuk menjadi desa wisata, yaitu Desa Masalili, Desa Liangkobori,  Desa Lakarama,  Desa Lakarinta,  Desa Loghia,” papar Sarwati Kuasa.

Dengan menjadi desa wisata, kata dia, maka masyarakat di desa itu akan maju, budaya setempat tetap lestari.

“Dapat meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan serta dapat bantuan DAK dari pusat untuk memajukan perekonomian di desa,” ujarnya. (tri/iis)

  • Bagikan