Pemkab Kolaka Bakal Daratkan Boeing 737 Seri 900 di Bandara Sangia Nibandera

  • Bagikan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka Samsul Kadar saat memaparkan program prioritas Pemkab Kolaka.

KOLAKA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka, berencana meng-upgrade lintasan atau runway penerbangan di Bandara Sangia Nibandera.

Hal itu dilakukan untuk mendaratkan pesawat yang lebih besar yakni Boeing 737 Seri 900. Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka Samsul Kadar, dalam rapat khusus Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dihadiri para kepala desa, OPD, dan stakeholder terkait di salah satu hotel di Kolaka, Senin (21/3).

Pesawat Boeing 737 Seri 900 merupakan salah satu jenis komersial berbadan sempit dengan mesin ganda (twin jet), yang diproduksi oleh Pabrik Boeing di Seattle, Amerika Serikat. Rencananya, pesawat tersebut akan menambah armada di Bandara kebanggan masyarakat Kolaka itu.

Samsul Kadar mengatakan, pembangunan perpanjangan dan pelebaran lintasan pesawat tersebut akan dibiayai oleh pemerintah pusat, melalui Bappenas RI dan Kementerian Perhubungan.

“Kita akan mencoba melebarkan dan membuat runway lebih panjang. Sehingga insya Allah akan didarati oleh Boeing 737 Seri 900 yang pembiayaannya akan dibiayai oleh pemerintah pusat, melalui Bappenas, dan menteri perhubungan, dan ini sudah masuk list, kementrian perhubungan alhamdulillah,” katanya.

Tak hanya itu, kata Samsul Kadar, ada beberapa prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan Pemkab Kolaka.

Seperti, sebut dia, pembangunan Water Front City yang akan dikembangkan di pelabuhan Ferry Kolaka dalam hal ini ASDP, Pemkab Kolaka juga bakal merealisasikan pembangunan Kebun Raya Kolaka. (cr5/nir)

  • Bagikan