Targetkan Prodi Akreditasi Unggul, Fakultas Syariah IAIN Kendari Penuhi Standar 9 Kriteria

  • Bagikan

Gedung IAIN Kendari.

KENDARI, BKK – Targetkan Program Studi (Prodi) terakreditasi unggul, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menargetkan akreditasi unggul pada 3 Prodi.

Adalah, Ahwal Al-Syakhshiyah (AS), Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Hukum Tata Negara (HTN).

Wakil Rektor (WR) I IAIN Kendari Dr Husain Insawan mengatakan, saat ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengembangkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0, yang berorientasi pada output dan outcome.

Pengelola prodi dituntut untuk bekerja keras memenuhi kriteria yang telah ditetapkan pada standar 9 kriteria.

“Seluruh pengelola prodi diharapkan segera menyiapkan instrumen terbaru dengan mengacu pada standar 9 kriteria. Semoga program studi Fakuktas Syariah dapat meraih akreditasi unggul di masa mendatang,” ucapnya, Rabu (23/3).

Standar 9 kriteria tersebut meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tri dharma.

Selain itu, pada peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 dijelaskan bahwa nilai akreditasi tidak lagi menggunakan nilai A, B, dan C melainkan telah diubah menjadi Unggul, Baik, Baik Sekali dan Tidak Terakreditasi. (din/nir)

 

  • Bagikan