PT DSSP Power Kendari Bina UMKM dan Tata Laksana Perizinan di Area Perusahaan

  • Bagikan
Pelaksanaan pembinaan UMKM dan Tata Laksana Perizinan di Area Perusahaan.

KENDARI, BKK– Sebagai bentuk partisipasi dan komitmen PT DSSP Power Kendari dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR).

Perusahaan yang berlokasi di Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ini melakukan pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam hal tata laksana perizinan di area perusahaan, dibuka langsung Direktur PT DSSP Power Kendari, Kamis (24/3).

Terutama terkait pemberian sosialisasi mengenai Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA), dihadiri dan didapuk sebagai narasumber, Deddy Muskar. P, Aks, Asbar Sabaruddin ST dan Ekwin, dari Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Konsel.

Direktur PT DSSP Power Kendari, Awaludin Latif Shaubari mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini ada kaitannya dalam mendukung penerapan salah satu program Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Sambung dia, serta mendukung salah satu program pemerintah dibidang kewirausahaan di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Foto bersama seusai pelaksanaan pembinaan UMKM dan Tata Laksana Perizinan.

Ia mengungkapkan, perkembangan UMKM yang meningkat dari segi kuantitas belum diimbangi meratanya peningkatan kualitas UMKM.

“Permasalahan klasik yang dihadapi, yaitu rendahnya produktivitas. Keadaan tersebut disebabkan masalah internal dan eksternal yang dihadapi UMKM,” ujarnya.

Beber dia, meliputi rendahnya kualitas sumber daya manusia, lemahnya kewirausahaan dari pelaku UMKM, dan terbatasnya akses UMKM terhadap permodalan, informasi, teknologi dan pasar, serta faktor produksi lainnya.

Sebagai pelaku UMKM, sudah sepatutnya berbangga, karena UMKM di Indonesia ikut menyumbang pertumbuhan ekonomi dengan pencapaian sebesar 60%.

“Apalagi di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) seperti sekarang ini, UMKM bisa menjadi salah satu harapan untuk mengurangi adanya jumlah pengangguran, sekaligus semakin membuka luas adanya lapangan pekerjaan baru,” ucapnya.

Selain Program Pembinaan UMKM, sebut dia, perusahaan juga menyelenggarakan program-program CSR lainnya, dan turut serta mendukung target program tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) desa.
Hal ini merupakan bentuk perwujudan komitmen sosial, sekaligus kepedulian dan solidaritas perusahaan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

PT DSSP Power Kendari, merupakan perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan PLTU dengan kapasitas 2 x 50 MW di Kabupaten Konsel, dimana saat ini PLTU tersebut merupakan tulang punggung dari sistem kelistrikan di Sulawesi Tenggara (Sultra). (Ads)

  • Bagikan