Lukman Abunawas : Umat Islam Merupakan Suatu Kewajiban untuk Menunaikan Ibadah Puasa

  • Bagikan
Lukman Abunawas. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menyampaikan sebagai hamba Allah, umat Islam merupakan suatu kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa. Hal ini disampaikan dalam memasuki bulan suci ramadan 1443 hijriah (H) 2022 masehi (M).

“Bulan ramadan dihadapan kita. Kita sebagai hamba Allah, sebagai umat Islam merupakan suatu kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa,” terang Lukman Abunawas saat diwawancarai, Minggu (3/4).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sultra ini menambahkan, puasa merupakan sarana untuk mensucikan diri, dosa lahiriah dan batiniah baik yang kecil dan besar harus dimanfaatkan selama 30 hari dalam sebulan ini untuk melakukan ibadah dan zikir.

“Kemudian memperbanyak amal-amal saleh, amal jariyah dan membaca Alquran. Bagaimanapun juga tujuan kita beribadah dan menunaikan ibadah puasa untuk bertakwa,” ujar Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sultra ini.

Dia bilang, sesungguhnya yang paling mulia, yang terpandang dan yang terhormat dihadapan Allah adalah mereka-mereka yang bertakwa.

“Dan dengan berpuasa kita sebagai insan yang senantiasa bertakwa dan selalu tawadhu, rendah diri, rendah hati. Kemudian kita selalu qonaah mensyukuri akan semua nikmat yang Allah berikan sekecil apapun juga,” ungkapnya.

“Kemudian kita selalu menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak dikehendaki oleh Allah atau apa dilarang dalam agama kita. Mudah-mudahan takwa menjadikan kita sebagai hamba Allah yang selalu mendapatkan barokah dari Allah,” tandasnya. (cr3)

  • Bagikan