Lukman Abunawas : Puasa Melatih Diri Selalu Sabar untuk Mencapai Derajat Takwa yang Sempurna

  • Bagikan
Wagub Lukman Abunawas saat menyampaikan ceramah ramadan di Masjid Baitul Izzah, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

KENDARI, BKK- Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menyampaikan bahwa tujuan puasa melatih diri selalu sabar untuk mencapai derajat takwa yang sempurna. Hal ini disampaikan saat menjadi penceramah ramadan di Masjid Baitul Izzah, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Selasa (5/4) malam.

Lukman Abunawas mengatakan, seseorang yang sabar Allah akan memberikan jaminan yakni kedamaian dan ketenangan hidup di dunia.

“Puasa melatih diri untuk selalu sabar, untuk mencapai derajat takwa yang sempurna,” kata orang nomor dua di Bumi Anoa ini kepada wartawan koran ini, Rabu (6/4).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sultra ini menuturkan, salah satu inti berpuasa yakni diwajibkan kepada kamu untuk menunaikan ibadah puasa sebagaimana diwajibkan orang-orang sebelum kamu, agar mencapai ketakwaan yang sempurna.

“Takwa ada tiga sasaran yang di capai dalam berpuasa. Puasa itu identik dengan sabar, karena puasa merupakan sarana untuk mengembleng. Supaya kita umat Islam hamba Allah selalu dalam kondisi sabar, karena Allah selalu bersama orang yang sabar” ujarnya.

Olehnya, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sultra ini menyampaikan, sebagai umat harus memakai tujuan berpuasa.

“Kemudian takwa pakaian sebaik-baiknya umat manusia atau umat muslim sebagai hamba Allah. Jadi kita pakaian takwa sebagai pedoman hidup kita yang selalu memberikan kita hidayah. Karena sebaik-baiknya pakaian bukan jas yang mewah tapi takwa, karena orang yang bertakwa akan selalu mencapai kemenangan,” tandasnya. (cr3)

  • Bagikan