IAIN Kendari Dorong Publikasi Ilmiah Dosen Lingkup Kampus

  • Bagikan
Pelaksanaan peningkatan kapasitas pengelolaan jurnal ilmiah melalui kegiatan pendampingan, pelatihan dan workshop pengelolaan jurnal belum lama ini.

KENDARI, BKK – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mendorong publikasi karya ilmiah dosen lingkup kampus.

Ini dilakukan guna mengakomodir artikel para tenaga pendidik.

Rektor IAIN Kendari, Prof Faizah Binti Awad mengatakan, optimalisasi pengelolaan jurnal perlu dilakukan sebab kuantitas dan kualitas publikasi artikel hasil riset dosen menjadi salah satu indikator penilaian reputasi perguruan tinggi.

Ia menuturkan, IAIN Kendari telah menyusun kebijakan pengelolaan delapan jurnal ilmiah yang kini telah terakreditasi SINTA dan menerbitkan 14 jurnal baru lainnya untuk mengakomodir keilmuan yang bervariatif.

Kata dia, peningkatan kapasitas pengelola jurnal sejalan dengan agenda utama institut yang tertuang dalam rencana strategis IAIN Kendari.

“Kita selalu mendorong para dosen dan seluruh pengelola jurnal untuk menghasilkan artikel-artikel yang memenuhi standar agar dapat disubmit pada jurnal terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi,” ujarnya, Selasa (12/4).

Beber dia, IAIN Kendari dukung penuh publikasi jurnal imiah dengan membuatĀ  kebijakan, diantaranya alokasi anggaran publikasi jurnal dan akselerasi guru besar, peningkatan dan pemanfaatan Sapras untuk mendukung pengelolaan e-journal peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan, benchmarking, serta penunjukan pengelola rumah jurnal IAIN Kendari

“Tiga tahun terakhir, IAIN Kendari menerbitkan 14 jurnal dari sebelumnya hanya 8 jurnal,” pungkasnya. (din/nan)

  • Bagikan