Bulan Depan, Pemkab Konsel Bakal Gelar MTQ Tingkat Kabupaten

  • Bagikan
Hamlin S Ode Maka.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), bakal menggelar pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten pada Mei 2022.

Pelaksanaan kegiatan tersebut akan diikuti 25 perwakilan kecamatan dan pondok pesantren yang memenuhi kriteria di Kabupaten Konsel, pelaksanaannya dipusatkan di gedung Islamic Center Andoolo.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Hamlin S Ode Maka, memastikan bahwa tahun ini kegiatan MTQ tetap akan dilaksanakan, namun kegiatan tersebut bakal digelar secara terbatas. Hal itu bukan tanpa alasan sebab, kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Pembukaan MTQ rencananya dilaksanakan setelah idulfitri,” kata Hamlin, Rabu (13/4).

Ia menjelaskan, MTQ yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang bertujuan untuk menyeleksi qari-qariah yang berprestasi, yang nantinya akan mewakili Konsel ke ajang MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Pelaksanaan MTQ ini tujuannya untuk menjaring peserta yang nantinya akan mewakili Kabupaten Konsel pada ajang MTQ tingkat provinsi dan nasional,” paparnya.

Namun yang menjadi poin penting, lanjut dia, bakal prioritaskan anak-anak lokal Konsel sebagai perserta lomba MTQ mendatang. Untuk itu, ia memintak kepada Kantor Urusan Agama (KUA) dan Pondok Pesantren di Konsel untuk bekerja sama dalam menjaring para peserta berprestasi yang akan diutus dalam lomba tersebut.

Jadi, kata dia, setelah para peserta diseleksi secara ketat para KUA dan tim juri, barulah dilakuakan karantina atau Traning Center (TC) kepada peserta yang dinyatakan layak untuk mewakili kurang lebih 30 cabang yang akan diperlombakan di MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Peserta yang dinyatakan lolos seleksi nantinya akan di TC di salah satu hotel di Konsel, untuk membimbing mereka. Kami akan datangkan para pelatih yang berpengalaman yang pernah berprestasi di ajang MTQ tingkat nasional serta didampingi para dewan hakim,” tutupnya. (ril/nir)

  • Bagikan