Pemdes Lagili Salurkan BLT Tahap Pertama

  • Bagikan
Suasana penyerahan BLT tahap satu 2022.

LABUNGKARI, BKK – Pemerintah Desa (Pemdes) Lagili, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), akhirnya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama mulai Januari hingga Maret 2022.

Bantuan itu diserahkan langsung Kepala Desa (Kades) Lagili Tamsir, di Aula Pertemuan Kantor Desa Lagili yang disaksikan langsung Pemdes Lagili, Kapolsek Mawasangka Timur, serta BPD Lagili.

Kata Tamsir, Bantuan tersebut guna untuk membantu ekonomi masyarakat menghadapi pandemi Covid-19, yang diperuntukan untuk 84 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal itu tertuang dalam APBDes Lagili tahun anggaran 2022 pada Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak Desa, dengan total anggara Rp302.400.000.

“Penyaluran BLT-DD tahap pertama dari 84 KPM, yang terealisasi hanya 79 KPM, yang tidak terealisasi karena merantau dan sudah menerima bantuan lain (BPNT),” ujarnya.

Lebih Lanjut, Tamsir membeberkan, setiap KPM menerima Rp900.000 untuk 3 bulan. Yakni bulan Januari, Februari dan Maret 2022.

Ada beberapa syarat dalam penyaluran BLT-DD Lagili. Yakni, sebut dia, minimal sudah divaksin dosis kedua, serta namanya tidak terdaftar dalam bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Penerima BLT-DD ini Pemdes Lagili lebih memprioritaskan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan. Seperti warga miskin, sakit kronis menahun, dan yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19.

“BLT-DD ini diharapkan bisa menunjang perekonomian masyarakat Desa Lagili,” tuntasnya. (m1/nir)

  • Bagikan