Pemkot Kembali Salurkan Bantuan Bencana Alam Akibat Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Wali Kota saat menyerahkan bantuan cuaca ekstrem angin puting beliung, Rabu (13/4). (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali menyalurkan bantuan bencana alam akibat cuaca ekstrem angin puting beliung.

Kali ini, bantuan diberikan kepada 64 Kepala Keluarga (KK) di tujuh kecamatan di Kota Kendari.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain, Rabu (13/4) mengatakan, penyerahan bantuan dilakukan pada 10 perwakilan warga terkena dampak cuaca ekstrem yang terjadi pada 23 Desember 2021 lalu.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan bentuk respon Pemkot Kendari dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Maaf kalau bantuannya baru hari ini diberikan, karena memang tidak bisa seketika. Melainkan ada proses yang harus dilewati,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari Paminuddin menjelaskan, total korban akibat cuaca ekstrem di Kota Kendari yang telah data sebanyak 165 Kepala Keluarga (KK).

Dimana, sambung dia, sebanyak 101 orang lebih dulu mendapatkan bantuan. Sedangkan sisanya sebanyak 64 KK baru mendapatkan hari ini (kemarin red).

Adapun penyerahan bantuan, diberikan kepada Kecamatan Kendari 11 KK, Kecamatan Kendari Barat 10 KK, Kecamatan Mandonga 9 KK, Kecamatan Kadia 3 KK, Kecamatan Puuwatu 10 KK, Kecamatan Wuawua 15 KK, Kecamatan Baruga 5 KK. Jadi totalnya 64 unit rumah atau 64 penerima hari.

“Besarnya bantuan yang diberikan pada korban yang terkena bencana bervariasi tergantung jenis kerusakan rumah yang dialami. Besarnya bantuan mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp50 juta dimana rata-rata kerusakan terjadi pada bagian atap rumah karena tiupan angin kencang,” ungkapnya. (cr1/nan)

  • Bagikan