Dishub Prediksi Mudik Tahun Ini Bakal Didominasi Pemudik Tujuan Muna

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari memprediksi, mudik lebaran 1443 Hijriah bakal didominasi pemudik asal Kabupaten Muna baik yang menggunakan tranportasi laut, darat maupun udara.

Kepala Dishub Kendari, La Ode Abdul Manas Salihin, Sabtu (16/4) mengatakan, prediksi yang disampaikan bukan tanpa alasan. Pasalnya, dari tahun ke tahun pemudik dengan tujuan Kabupaten Muna selalu mendominasi.

“Dari tahun ke tahun pemudik terbanyak itu terjadi di Kabupaten Muna, sama seperti tahun ini juga Kabupaten Muna diprediksikan kembali sebagai tujuan terbanyak pemudik lebaran 1443 hijrah,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mengakomodasi pemudik, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal memberikan rasa aman saat mudik. Termasuk pengamanan langsung oleh personel Dishub.

“Kita berharap mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar, agar para warga sampai dengan selamat. Dishub juga turut memperketat beberapa titik tujuan pemudik seperti terminal, bandara, dan pelabuhan penyeberangan feri,” bebernya.

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, wajib memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan sebelum beroperasi membawa penumpang.

“Untuk kendaraan pribadi sudah tentu kami akan melakukan pengecekan fisik kendaraan, namun dalam pengawasannya agak sulit membedakan antara pemudik atau bukan. Jika didapatkan kendaraan yang tidak layak untuk mudik maka pengemudi menerima sanksi paling tidak penundaan keberangkatan,” tutupnya. (cr1/nan)

  • Bagikan