Gunakan DD, Pemdes Ranooha Lestari Kembangkan Budidaya Ikan Lele

  • Bagikan
Hasriyanti Amk.

ANDOOLO, BKK – Dalam upaya mendukung program pemulihan ekonomi kemasyarakatan di masa pandemi coronavirus disease (Covid-19), Pemerintah Desa (Pemdes) Ranooha Lestari, Kecamatan Buke, Konawe Selatan (Konsel) telah mengembangkan Budidaya Ikan Lele dengan media terpal.

Kepala Desa (Kades) Ranooha Lestari Hasriyanti Amk menjelaskan, budidaya ikan lele merupakan program ketahanan pangan yang telah disepakati masyarakat dalam musyawarah desa (Musdes). Dimana, lanjutnya, program itu dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Untuk dana pengembangan budidaya ikan lele ini, dananya bersumber dari Dana Desa (DD),” ujar Hasriyanti, pekan lalu.

Dimana, lanjut Hasriyanti, penyediaan program ketahanan pangan dan hewani untuk masyarakat miskin dan keluarga penerima bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 20℅ dari DD.

“Sesuai arahan kebijakan Bupati Konsel terhadap belanja DD agar mendorong dan memprioritaskan sektor produktif dengan mengembangkan budidaya tanaman unggulan yang berorientasi ekspor atau telah memiliki pasar,” terangnya.

Untuk mendukung hal itu, kata Hasriyanti, pihaknya telah mengadakan pengadaan terpal dan pakan pada DD tahap pertama ini.

“Program ini sudah mulai dijalankan, ditahap pertama ini media terpalnya, bibit dan pakan sudah dibagikan ke-50 Kepala Keluarga (KK) di masing-masing dusun,” bebernya.

Sementara untuk program pembangunan infrastruktur, tambah dia, pihaknya fokus pada pengembangan dan pembangunan kolam Wisata Ranooha.

“Untuk infrastruktur kami kembali fokus pada pengembangan wisata buatan Ranooha Lestari,” tutupnya. (ril/nir)

  • Bagikan