Perdana, Tahun Ini Ujian Kelulusan Pelajar SMP di Konut Berbasis Komputer

  • Bagikan

Suasana Simulasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di SMPN 1 Andowia akhir bulan Maret lalu. (FOTO: VELY SARMAN/BERITA KOTA KENDARI)

WANGGUDU, BKK – Pelaksanaan ujian kelulusan pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilakukan hari ini (kemarin, red). Di kabupaten Konawe Utara (Konut) ujian kelulusan pelajar SMP dilakukan dengan berbasis komputer.

Pelaksanaan ujian sekolah berbasis komputer (USBK) bagi sekolah di Konut baru tahun ini diberlakukan. Tahun-tahun sebelumnya ujian kelulusan pelajar baik SMP maupun murid Sekolah Dasar (SD) dilakukan dengan sistem USKP atau ujian sekolah kertas pensil.

“Kami sudah memilih untuk ujian tahun ini berbasis komputer. Tidak lagi menggunakan cara lama yang memakai kertas jawaban. Soalnya sudah kami susun,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut Lapeha, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Hartawan, Belum lama ini.

Meskipun berbasis komputer, lanjut Hartawan, ujian sekolah penentuan kelulusan murid/pelajar ini dilaksanakan secara offline. Sehingga, semua sekolah tingkat SMP di Konut wajib menerapkannya.

“Alhamdulillah semua sekolah sudah siap. Karena ini tidak tergantung pada jaringan internet. Sehingga, sekolah yang ada di daerah blank spot bisa ikut melaksanakan,” ujar Hartawan. (vel/nir)

  • Bagikan