Usai Realisasikan BLT-DD, Pemdes Bakal Salurkan Kambing kepada Peternak di Karandu

  • Bagikan
Kepala Desa Karandu Agus Mujiono saat menyerahkan BLT-DD kepada masyakat KPM.

UNAAHA, BKK – Pemerintah Desa (Pemdes) Karandu Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) selama 3 bulan, yakni Januari-Maret 2022.

BLT-DD disalurkan kepada masyarakat desa ini sebagai dana perimbangan ekonomi menghadapi masa sulit pandemi Covid-19.

“Berjumlah 83 Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) yang menerima BLT tahun ini. Bertambah dari sebelumnya yang berjumlah 39 orang KPM,” kata Kepala Desa (Kades) Karandu Agus Mujiono, saat menyampaikan sambutannya pada acara penyaluran BLT-DD di Balai Desa, Kamis (14/4).

Ia mengaku, bertambahnya jumlah KPM ini dikarenakan adanya regulasi yang mewajibkan untuk mengalokasikan anggaran BLT-DD sebesar 40% dari total DD tahun anggaran berjalan di masing-masing desa.

Sehingga melalui itu, pihaknya kemudian membentuk tim verifikasi dari perwakilan elemen pemerintahan dan masyarakat, yang akan mencatat dan melakukan validasi terhadap masyarakat calon tambahan penerima BLT-DD ini.

“Jadi jumlahnya sekarang ini yakni 83 orang KPM. Para penerima itu sudah kita seleksi dari 280 jumlah keseluruhan KK di Desa Karandu sesuai petunjuk tekhnis (juknis) dan peraturan yang berlaku,” katanya.

Dia menyebut, jumlah uang yang dibayarkan kepada masing-masing KPM sebesar Rp300 ribu perbulan, atau totalnya Rp900 ribu.

Dia berpesan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan BLT-DD, supaya tidak berkecil hati. Sebab, kata dia, masih ada bantuan selanjutnya yang diperuntukkan kepada masyarakat sesuai yang berhak menerima bantuan tersebut yang sumber anggarannya dari pagu anggaran DD se tempat.

“Bantuan itu berupa penyaluran indukan ternak kambing yang direncanakan berjumlah sekira 30-40 ekor, yang akan disalurkan kepada para peternak,” tuntasnya. (irm/nir)

  • Bagikan