Mudik Lebaran Harus Dilengkapi Booster

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Nahwa Umar menyebutkan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran diwajibkan harus menjalani vaksinasi booster.

Aturan itu sesuai dengan intruksi yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

“Aturanya jelas sesui instruksi Presiden Joko Widodo. Bahwa, tidak tidak bisa mudik kalau belum vaksin booster,” kata Nahwa saat ditemui di acara forum sanitasi total berbasis masyarakat di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin (18/4).

Manurut Nahwa, syarat booster berlaku pada semua jalur transportasi. Baik itu udara, laut maupun darat.

“Pelabuhan, bandara, maupun mobil pengangkut penumpang dan bus sekalipun tidak bisa lolos kalau belum booster,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Kapal Cepat PT Pelayaran Dharma Indah area Kendari, Sardif mengungkapkan, untuk melayani masyarakat yang akan mudik melalui pelabuhan, pihaknya akan mengoperasikan sembilan kapal untuk mengangkut pemudik dari dan ke Kota Kendari.

“Dari sembilan kapal, lima diantaranya kapal cadangan untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan pemudik,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang masyarakat Dimas (29) mengungkapkan persyaratan vaksin booster menyulitkan masyarakat yang hendak mudik. Dia berharap pemerintah mau memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang ingin melepas rindu di kampung halaman.

“Semoga ada kelonggaran lagi. Karena masih banyak masyarakat yang belum vaksin booster,” harapnya. (cr1/nan)

  • Bagikan