THR ASN Konsel Mulai Dicaikan Pekan Ini

  • Bagikan

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), akan mencairkan tunjangan hari raya (THR) Idulfitri 1443 Hijriyah bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel Sjarif Sajang, saat ditemui, Senin (18/4).

“Pemkab Konsel sudah mengalokasikan anggaran, perbub-nya juga sudah siap. Mudah-mudahan besok (Selasa, red)) sudah ke luar. Jika sudah ke luar perbup-nya, dipersilahkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Konsel, segera mengurus pembayaran tersebut melalui bendaharanya masing-masing,” katanya.

Sjarif menjelaskan, untuk pembayarannya 10 hari sebelum lebaran. Artinya, tanggal 22 April mulai dicairkan. Proses pengajuannya berada di bendahara OPD masing-masing. Sehingga cepat lambatnya pembayaran THR tergantung proses pada masing-masing OPD.

“Yang jelas sudah mulai berproses. Hari ini (Senin,red), insya Allah perbup-nya dituntaskan dan siap diteruskan ke pak Bupati Konsel,” uangkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BKAD Konsel Mujahidin menyebut anggaran yang telah disiapkan untuk pembayaran THR sebesar Rp24,8 miliar. Dimana anggaran itu terporsi di Dana Alokasi Umum (DAU).

“Dari anggaran tersebut itu di luar dari THR Anggota DPRD Konsel,” jelas Mujahidin.

Ia mengatakan, untuk nominal THR ASN yang akan diterima sama dengan gaji bulan April (gaji pokok) tanpa potongan.

“Prosesnya secara teknis dikembalikan ke bendahara masing-masing OPD. Sesuai hasil rapat virtual kami dengan kementerian keuangan, bahwa THR yang bersumber dari APBD didasarkan pada peraturan bupati (perbup). Jika Perbup-nya sudah ke luar maka para bendahara sudah bisa mengusulkan pembayaran THR-nya di keuangan, anggarannya sudah siap,” terangnya.

Adapun untuk pencairan gaji 13, tambah Mujahidin, pembayaraanya bakal dilakukan bulan Juli.

“Untuk gaji 13 itu rencananya dicairkan bulan Juli, tidak ada juga potongan. ASN terima full disetarakan dengan gaji pokok utuh,” tutupnya. (ril/nir)

  • Bagikan