Penggalian Lubang Penanaman Pohon Jalan Wisata Kendari-Toronipa Dimulai

  • Bagikan
Pahri Yamsul. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Guna mendukung jalan wisata Kendari-Toronipa, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menanam pohon sepanjang jalan wisata tersebut. Dimana saat ini mulai penggalian lubang penanaman pohon yang di mulai dengan Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, pihak telah melaksanakan rapat terakhir bersama OPD untuk konsen penanaman pohon jalan wisata Kendari-Toronipa.

“Jadi tadi itu rapat terakhir. Setelah itu tidak ada lagi, kita sudah action (tindakan). Tadi rencana mulai besok (hari ini,red) sampai Mei sudah penggalian lubang penanaman pohon. Jadi tergantung instasi mana yang sudah siap, tadi sebagai contoh kita ambil Dinas Cipta Karya yang mulai. Sehingga pada saat nanti launching  (meluncurkan) itu yang sudah siap Dinas Cipta Karya,” katanya saat di wawancarai dikantor gubernur Sultra usai rapat bersama OPD terkait penanaman pohon jalan wisata Kendari-Toronipa, Selasa (19/4).

Dikatakan, penanaman pohon jalan wisata Kendari-Toronipa tersebut secara seremonial nantinya akan diresmikan langsung gubernur Ali Mazi.

“Dan untuk launching sendiri ada dua waktu tentatif 22 Mei dan 1 Juni. Dimana 1 Juni sendiri masuk Hari Lahir Pancasila jadi bagus momennya,” ujarnya.

Dia bilang, berdasarkan hasil rapat penggalian lubang sampai penanam pohon sendiri minimal membutuhkan waktu 22 hari.

“Dan paling cepatnya butuh dua minggu, untuk unsur hara dan mikroorganisme tanaman sudah tebar. Dan ini banyak pohon karena masing-masing OPD 288 meter dan jarak pohon sendiri empat meter. Jadi ini ribuan pohon,” ungkapnya.

“Adapun rekomendasi pohon yang akan ditanam yakni tanjung, cendana, palem dan beberapa pohon yang bisa dipakai untuk jangka panjang,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin juga menyampaikan, bahwa jalan Kendari-Toronipa dengan konsep jalan pariwisata.

“Sehingga ketika kita masuk di pintu gerbang jembatan tiga di Kendari sampai ke toronipa, setiap meternya itu harusnya mindset-nya orang harus berwisata. Olehnya penanaman pohon bagian dari mendukung jalan pariwisata Kendari-Toronipa,” tandasnya. (cr3)

  • Bagikan