Pemkab Muna Susun Road Map Pengendali Inflasi

  • Bagikan
Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi Memimpin Rapat Pembuatan ROAD Map Pengendali Inflasi Tahun 2022-2024.

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah menyusun road map Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tahun 2022-2024.

Hal ini dilakukan dalam kerangka perencanaan strategis tingkat daerah yang mendukung dan selaras dengan RPJMD Kabupaten Muna tahun 2021-2026.

Dalam rapat koordinasi itu, Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi menekankan, agar semua anggota TPID dapat berkolaborasi dan bersinergi menyusun strategi, program dan kegiatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan menekan laju inflasi sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Di tengah keterbatasan anggaran, dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, peternakan dan perikanan, para OPD terkait dapat bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),” ujarnya, Rabu (19/4).

Bukan itu saja, kata dia, desa yang memiliki anggaran dan OPD teknis dapat bekerja sama dan bersinergi membangun desa, sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Muna La Ode Sairuddin SP, Rabu (19/4) mengatakan, road map PID adalah komitmen daerah dalam merencanakan program dan kegiatan strategis, untuk mengendalikan gejolak inflasi pada posisi yang aman, rendah, dan stabil atau sesuai sasaran yang telah ditetapkan secara nasional yakni dikisaran 3% plus minus 1%.

Road Map TPID juga, katanya, untuk menyinkronkan program kerja masing-masing instansi terkait, dalam pengendalian inflasi serta mendorong OPD dan instansi terkait untuk membuat inovasi program pengendalian inflasi.

“TPID Kabupaten Muna yang beranggotakan OPD terkait, Polres Muna, Bulog, BPS Muna, KP Pelabuhan Raha, dan Pertamina telah mengadakan rapat koordinasi (rakor), untuk pembahasan Peraturan Bupati Muna tentang Road Map TPID Kabupaten Muna tahun 2022-2024 yang dipimpin Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi di ruang rapat Wakil Bupati Muna,” paparnya.

Dia menyebut, bahwa struktur road map TPID terdiri dari 4 strategi kunci, 11 program, dan 46 subprogram. 4 strategi kunci dimaksud adalah keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif. 

“Program utama dalam road map TPID ini adalah stabilisasi harga, ketersediaan bahan pangan pokok, memperkuat produksi dan cadangan pangan pemerintah, peningkatan infrastruktur perdagangan, dan memperbaiki kualitas data,” pungkasnya. (tri/nir)

  • Bagikan