Capping Day: 42 Perawat Disumpah, 43 Akan Praktik di RSBG Kolaka

  • Bagikan

KOLAKA, BKK- Sebanyak 85 Mahasiswa keperawatan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengikuti Capping Day di auditorium Fakultas Sains dan Teknologi, Selasa (26/4).

Dari 85 perawat tersebut, 42 di antaranya disumpah profesi dan menjadi alumni, sementara 43 lainnya akan mengikuti praktik lapangan di Rumah Sakit (RS) Benyamin Guluh Kabupaten Kolaka.

“42 mahasiswa disumpah dan jadi alumni, 43 yang Capping Day untuk praktik, akan praktik di Benyamin Guluh. Ada 2 mata kuliah yang dilaksanakan selama praktik, yakni materi keperawatan dasar itu 3 minggu, ditambah praktik bedah medical itu 2 minggu, jadi totalnya 5 minggu 30 Hari,” papar Ketua Program Studi D3 Keperawatan USN Kolaka Rosani Naim.

Ia berpesan, mahasiswa keperawatan yang akan melakukan praktik lapangan agar menerapkan teori yang diajarkan di kampus, seperti, etika profesi dan komunikasi.

“Selama ini mereka diajari teori, seperti apa itu etika profesi, seperti apa teknik komunikasi politik itu, jadi bagaimana mereka bisa menerapkan semua itu nanti di rumah sakit. Karena, mereka akan bekerjasama dengan berbagai profesi dan bagaimana mereka melayani pasien dan keluarganya, bagaimana mereka adaptasi dengan hal-hal tersebut,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka Rina Remba mengatakan, terkhusus alumni ia berharap agar dapat mengemban amanat kampus.

Menurutnya, ada nama besar yang dibawa oleh mahasiswa ketika terjun ke dunia kerja, ia juga menginginkan mahasiswa dapat bekerja di tempat yang sesuai dengan disiplin ilmu yang diterima sewaktu kuliah.

“Kita harapkan mereka yang di sumpah ini bekerja dengan profesional, ada tanggung jawab besar di balik itu, bahwa alumni berarti mereka mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan nama besar kampus ini, terutama D3 keperawatan ini diluar gaung yang lebih besar lagi, itu harapan kita,” harapnya.

Diketahui, kegiatan Capping Day tersebut turut dihadiri Sekretaris PPNI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Sapril, Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USN Kolaka. (cr5/iis)

  • Bagikan