Desa Sumber Sari Kabupaten Konsel Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia

  • Bagikan
Adiwarsa Toar.

ANDOOLO, BKK – Desa Sumber Sari; Kecamatan Moramo; Kabupaten Konawe Selatan (Konsel); Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu desa yang akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) 50 besar Desa Wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Konsel Adiwarsa Toar, Senin (28/4).

“Syukur alhamdulillah, kemarin kami mendapat rahmat bahwa Konsel termasuk 2 kabupaten di Sultra yang masuk 50 besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia,” terangnya.

Ia mengungkapkan, Konsel mengikuti seleksi mulai dari 3.419 Desa Wisata di Indonesia, dan diseleksi lagi sampai ke luar 500 besar Desa Wisata.

“Di 500 besar kami di Sultra masih ada Wakatobi dan Labengki. Dari 500 besar diseleksi lagi menjadi 300 besar,” ungkapnya.

Di tahapan 300 besar, tambah dia, masih ada 4 kabupaten di Sultra. Yaitu, sebutnya, Wakatobi, Kolaka Utara (Kolut), Konsel, dan Kota Baubau.

“Setelah masuk 100 besar, tinggal 3 kabupaten di Sultra yaitu kabupaten Konsel (Desa Sumber Sari), Kolaka (Desa Sani-Sani), dan Kota Baubau (Keraton Wolio), hingga diseleksi lagi sampai masuk 50 besar Desa Wisata terbaik,” jelasnya.

50 Besar inilah, sambung dia, yang mendapat Anugerah dari Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno dan pihaknya tengah mempersiapkan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Konsel Surunuddin Dangga akan melibatkan beberapa sektor terkait beberapa dinas terpadu yang dapat mendukung suksesnya desa wisata tersebut. Seperti Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, dan Dinas Pekerjaan Umum (PU),” katanya.

Jadi, tambah dia, jadwalnya itu mulai dari Mei sampai akhir Agustus. Dan pada September penganugerahan penetapan siapa yang menjadi juara terbaik satu di 7 kategori. (ril/nir)

  • Bagikan