Pengamat Sebut Rusman-Lukman Duet Ideal Pilgub 2024

  • Bagikan
LM Rusman Emba dan
LM Rusman Emba dan
Lukman Abunawas

KENDARI, BKK- Pengamat politik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Dr Najib Husain menilai, LM Rusman Emba dan Lukman Abunawas bisa menjadi pasangan ideal pada Pemiliha Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024 mendatang.

Menurut dia, jika berduet, kedua sosok tersebut  dapat menjadi konfigurasi ideal antara keterwakilan daratan dan kepulauan.

“Jika benar-benar keduanya berkongsi di Pilgub 2024 maka juga menjadi perpaduan antara senior dan junior serta perpaduan antara birokrat dan politisi ulung,” kata Najib, Kamis (12/5).

Najib menyebut, Lukman dianggap sebagai tokoh birokrat Sultra. Sementara, Rusman dikenal sebagai politis petarung, cakap, dan ulet.

Lukman pernah menjadi bupati 2 periode Konawe, sekretaris provinsi (sekprov), dan kini wakil gubernur serta Ketua PDIP Sultra.

Sementara, Rusman pernah duduk sebagai Ketua DPRD Sultra dan anggota DPD RI serta kini menjabat sebagai bupati 2 periode Muna.

“Modal tersebut begitu kuat merebut mayoritas suara pemilih di 17 kabupaten/kota. Keduanya memiliki basis suara yang sangat diperhitungkan,” ujar Najib.

“Soal yang akan menjadi 01 atau 02, tergantung dari komunikasi keduanya atau elektabilitas masing-masing. Jika Rusman dan Lukman benar-benar berkongsi akan menjadi sebuah catatan penting dan peringatan bagi figur lain yang berhasrat tarung di pilgub nanti,” pungkasnya. (cr2/man)

  • Bagikan