Dinas Perikanan Konkep Buka Peluang Nelayan Wawonii Miliki SKK Pelayaran

  • Bagikan
H M Rijal SIP MSi. (FOTO: HUSAIN/BKK)

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Pulau Wawonii.

Hal itu dilakukan demi mendorong visi Wawonii Bangkit atau Wawonii berkembang, kompetitif dan tangguh.

Kali ini, pemerintahan Amrullah-Andi Lutfi melalui Dinas Perikanan Konkep membuka peluang sebanyak 100 nelayan di Pulau Wawonii untuk mendapatkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 mill laut dan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM), melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja sama dengan Politeknik Pelayaran Barombong Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas Perikanan Konkep H Muh Rijjal mengatakan, dengan SKK dan BST KLM tersebut, nelayan asal Pulau Wawonii bisa melakukan pelayaran sejauh 60 mil laut.

“Selain itu, lewat pelatihan ini masyarakat atau nelayan dibekali cara berlayar untuk meminimalisasi risiko pelayaran dan efektifitas pekerjaan mereka saat melaut, dengan melakukan peraktik langsung saat pelatihan selama 6 hari,” katanya.

Mantan Sekretaris DPRD Konkep itu menambahkan, bahwa untuk tahap pertama pelatihan BST KLM dan SKK tersebut hanya membuka kesempatan sebanyak 100 nelayan, untuk perwakilan masing-masing kecamatan se-Kabupaten Konkep.

“Khusus di Konkep, pelatihan ini baru pertama kali dilakukan, dengan peserta sebanyak 100 orang. Kita harap para peserta bisa lebih aktif dalam mengikuti pelatihan ini, untuk menambah pengalaman dalam melakukan aktivitas kelautan,” harapnya. (ain/nir)

  • Bagikan