Manfaat Blockchain Untuk Perekonomian Indonesia

  • Bagikan

Blockchain merupakan salah satu teknologi yang digunakan dalam men-support hampir semua mata uang Kripto. Sehingga sebagian orang mengira, bahwa Blockchain dibuat hanya untuk tujuan Cryptocurrency, tetapi bisa mendukung untuk memajukan perekonomian di Indonesia.

5 Manfaat Blockchain Selain Cryptocurrency

Menurut Oscar Darmawan, yang merupakan CEO dari Indonesia crypto exchange INDODAX, Blockchain diartikan sebagai sebuah buku besar (ledger), yang mana di dalam sebuah buku besar tersebut telah tertulis berbagai catatan histori mengenai sebuah data. Bukan hanya itu saja, Oscar juga menambahkan, bahwa informasi mengenai data yang tersimpan pada buku besar Blockchain ini dinilai lebih transparan.

Blockchain pada prinsipnya diciptakan untuk melengkapi sistem perekonomian sehingga industry bisa lebih efisien, lebih mudah digunakan dan juga lebih transparan.

Oscar Darmawan mengatakan bahwa teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di masa industri 4.0 seperti ini. Menurutnya, era industri 4.0 adalah era yang didirikan melalui integrasi antar teknologi dan sangat mengedepankan transparansi.

Dengan kata lain, Blockchain merupakan salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk menyimpan data dengan lebih transparan, namun juga lebih aman, karena memang terproteksi dengan keamanan yang tinggi.

Dengan alasan itu pula, maka tak heran, jika banyak aset Kripto yang mengusung teknologi Blockchain ini. Namun sebenarnya, bukan Cryptocurrency saja, ternyata Blockchain juga bisa diterapkan di hampir semua bidang. Sehingga bisa dikatakan, teknologi Blockchain ini memiliki segudang manfaat yang meliputi:

Industri Perbankan

Selain Cryptocurrency, industri perbankan merupakan salah satu bidang/industri yang menganggap perlu adanya teknologi Blockchain, untuk diterapkan dalam berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan perbankan.

Dimana dalam setiap transaksi perbankan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Blockchain ini, proses transaksi menjadi jauh lebih efisien, jika dibandingkan sebelum mengenal teknologi Blockchain ini.

Bukan hanya itu saja, melakukan sejumlah transaksi perbankan dengan menggunakan teknologi Blockchain, dirasa membuat biaya transaksi menjadi jauh lebih murah dari sebelumnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para nasabah.

Sektor Pemerintahan

Berbeda dengan industri perbankan yang menjadikan Blockchain sebagai teknologi yang memudahkan proses transaksi perbankan. Maka dalam sektor pemerintah, Blockchain digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan digitalisasi pencatatan dokumen kependudukan, hingga pencatatan bukti kepemilikan tanah dan properti.

Sektor IoT (Internet of Things)

Pengertian Internet of Things (IoT) ini yaitu sebuah teknologi/sistem yang bisa digunakan untuk mengirimkan data dengan menggunakan koneksi, meskipun dilakukan tanpa adanya bantuan manusia.

Salah satu contoh dari adanya penggunaan Blockchain dalam sektor IoT ini yaitu adanya layanan mobil dengan konsep self driving. Dimana pada mobil dengan konsep self driving ini, semua sistem yang ada pada kendaraan (mobil) tersebut sepenuhnya dijalankan dengan komputer, yang dibantu dengan teknologi Blockchain tentunya.

Sektor Kesehatan

Sektor kesehatan merupakan salah satu manfaat Blockchain selain Cryptocurrency lainnya yang kerap dirasakan oleh pasien rumah sakit. Dimana dengan adanya teknologi Blockchain ini, pasien masih bisa berobat di rumah sakit berbeda, meskipun data pasien tersebut telah terdaftar di rumah sakit yang lainnya.

Dengan kata lain, teknologi Blockchain memudahkan tenaga rumah sakit untuk melakukan pencatatan rekam pasien, meskipun pasien tersebut melakukan pengobatan di rumah sakit yang berbeda-beda.

Sektor Seni

Selain sektor-sektor diatas, manfaat Blockchain selain Cryptocurrency ini juga seringkali dirasakan oleh para seniman dan pekerja seni. Dimana beberapa karya seni yang dibuat, pada umumnya akan dijual dalam bentuk Non Fungible Token (NFT), yang secara tidak langsung didukung oleh teknologi Blockchain.

  • Bagikan