Tahun Ini Wakatobi Dapat Bantuan Bibit Rumput Laut Beserta Pabrik Pengolahan dari KKP

  • Bagikan

La Ode Kardini. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra menyampaikan tahun ini Kabupaten Wakatobi mendapat bantuan kebun bibit rumput laut beserta pabrik pengolahan rumput laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.


Kepala DKP Sultra La Ode Kardini mengatakan, bantuan tersebut disampaikan langsung Menteri Kelautan dan Perikanan saat melakukan kunjungan kerja di Wakatobi pada saat menghadiri kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 Wakatobi yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Kamis (9/6) lalu.


“Jadi di Wakatobi kita mendapat bantuan kelautan dan perikanan yakni kebun bibit rumput laut seluas 45 hektare (ha). Artinya kunjungan Pak Presiden dan Pak Menteri Kelautan dan Perikanan baru-baru dalam rangka acara GTRA Summit 2022 Wakatobi, Pak Menteri meninjau pontesi kelautan di Wakatobi terutama pontesi rumput laut,” katanya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (16/6).


Dikatakan, untuk bantuan kebun bibit rumput laut dari KKP seluas 45 ha tersebut, masing-masing 1 ha dengan anggaran Rp150 juta.


“Bantuan kebun bibit rumput laut seluas 45 ha tersebut untuk memenuhi kebutuhan lahan masyarakat untuk rumput laut seluas 500 ha. Kemudian dalam kunjungan tersebut Pak Menteri juga sekaligus untuk memberikan pabrik pengolahan rumput laut di Wakatobi,” jelasnya.


Dia bilang, untuk bantuan bibit rumput laut dan pembangunan pabrik pengolahan rumput laut akan di kerjakan mulai tahun ini sampai dengan 2023.


“Jadi mulai tahun ini 2022 sampai dengan 2023 harus tuntas. Untuk anggaran pabrik pengolahan rumput laut kurang lebih Rp19 miliar untuk satu unit. Jadi bantuan itu semua dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk masyarakat Wakatobi,” ujarnya.


Kardini menambahkan, gubernur Sultra Ali Mazi sangat serius mendorong sektor kelautan karena sektor kelautan sangat pontesi untuk bisa mendorong perekonomian masyarakat, utamanya masyarakat pesisir.


“Jadi Bapak gubernur Sultra sangat konsen terhadap sektor kelautan, karena salah satu pontesi yang menjanjikan untuk masyarakat pesisir adalah rumput laut,” tandasnya.

  • Bagikan