Pemkot Optimis Pengerjaan Jalan Lingkar Tuntas Sesuai Target

  • Bagikan
Erlis Sadya Kencana.

KENDARI, BKK – Pengerjaan jalan lingkar dalam (inner ringroad) yang menghubungkan Jalan MT Haryono (Pasar Baru-Kampus Baru) dan Jalan ZA Sugianto (Jembatan Triping) diatargetkan tuntas pada Agustus 2022. Kini progresnya mencapai 50%.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari Erlis Sadya Kencana mengatakan, kini pihaknya sedang fokus pada pengerjaan jembatan.

“Total ada 4 titik jembatan yang akan dibangun. Rinciannya, 2 jembatan bentang sepanjang 90 meter dan 2 jembatan bentang sepanjang 25 meter,” bebernya, Senin (20/6).

Selain itu, pihaknya juga fokus pada pengerasan jalan agar jalur menjadi padat sehingga bisa beralih pada proses rigid (beton).

“Jadi jalannya akan dibeton. Tujuannya, agar jalannya awet dan bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kurun waktu yang lama,” kata Erlis.

Kata dia, pembangunan jembatan sangat penting dalam rangka menghubungkan ruas jalan. Karena lokasi pembangunan jalur melewati beberapa sungai.

Erlis optimis, pembangunan inner ringroad bisa rampung sesuai target yang ditentukan, yakni pada Agustus 2022.

Diketahui, pembangunan inner ringroad menelan anggaran sekira Rp220 miliar. Anggarannya dipinjam bersumber dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melalui skema pemulihan ekonomi nasional (PEN), dengan masa tenor atau pengembaliannya selama 8 tahun dengan bunga 6%.

Pembangunanya meliputi, Jalan Kali Kadia (Brigjen M Yunus) yang akan terhubung dengan RSUD Kendari sepanjang 1,5 km.

Kemudian jalan penghubung ZA Sugianto dengan Jalan Mokodompit (Kampus Baru) sepanjang 2,6 km. Sehingga totalnya mencapai 4,1 km. Jalan yang dibangun memiliki dengan lebar 30 meter. (cr1/man)

  • Bagikan