Musim Penghujan, Wagub Imbau Waspada Banjir

  • Bagikan
Lukman Abunawas. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas mengimbau kepada masyarakat untuk waspada banjir.

Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan Sultra ini juga mengimbau untuk selalu mewaspadai tinggi kelombang.

Hal itu berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) jika di beberapa kabupaten yang rawan bencana, karena saat ini curah hujan yang cukup tinggi dan gelombang tinggi memasuki musim timur di sekitar laut banda Sultra sampai Agustus mendatang.

“Jadi masyarakat nelayan dan para petani yang rawan bencana sudah disampaikan hati-hati,” katanya saat di wawancarai di ruang kerjanya, Rabu (13/7).

Orang nomor 2 di Bumi Anoa ini menuturkan, untuk daerah yang rawan bencana sendiri terdiri dari Kabupaten Konawe Utara (Konut) karena ada sungai Lasolo, kemudian Kolaka Utara (Kolut), Konawe dan Konawe Selatan (Konsel).

“Jadi beberapa daerah itu ada sungainya yang besar-besar. Kalau kepulauan cuma masalah gelombang tinggi saja,” jelasnya.

Olehnya, pria yang akrab disapa LA ini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada di musim penghujan saat ini.

“Jangan sampai kita masih bekerja di lahan ada banjir maupun pohon-pohon tumbang itu harus diwaspadai,” ungkapnya. (cr3/nan)

  • Bagikan