DPMPTSP Gandeng Unilaki Gelar Seminar Akhir Penyusunan Strategi dan Promosi Investasi di Konawe

  • Bagikan
Suasana seminar akhir penyusunan dokumen serta strategi promosi penanaman modal dan penyusunan dokumen penetapan kebijakan kemudahan penanaman modal.

UNAAHA, BKK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Konawe bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Kampus Universitas Lakidende (Unilaki), menggelar seminar akhir penyusunan dokumen serta strategi promosi penanaman modal dan penyusunan dokumen penetapan kebijakan kemudahan penanaman modal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Tiga Putra Unaaha, Kamis (14/07). Turut hadir Kepala DPMPTSP Konawe H Burhan didampingi Kepala Bidang Kebijakan Penanaman Modal DPMPTSP Konawe Muliyadin, dan Kepala LPPM Unilaki Dr Jabal Arfa.

Dalam sambutannya, Kepala DPMPTSP Konawe H Burhan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk tersedianya dokumen yang mengatur, baik itu tentang promosi penanaman modal maupun kebijakan penanaman modal.

Dikatakannya, sebagaimana diketahui bahwa masalah pertumbuhan ekonomi  merupakan masalah perekonomian bagi suatu negara dalam jangka panjang, termasuk di dalam daerah.

Sehingga, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi dapat diukur prestasinya dari perkembangan suatu periode ke periode lainnya. Dimana, kata dia, kemajuan itu dapat dilihat dimana suatu daerah dalam menghasilkan barang dan jasa yang meningkat yang disebabkan oleh faktor-faktor produksi yang mengakibatkan bertambahnya jumlah dan kualitasnya.

Sementara, Kepala LPPM Unilaki Dr Jabal Rahman mengakui, bahwa melihat prospek penanaman modal dan investasi setiap tahun di Kabupaten Konawe semakin meningkat.

Terkait dengan hal itu, LPPM Kampus Unilaki mengambil insiatif untuk berkontribusi terhadap daerah di bidang kajian akademiknya, yakni dengan membantu pemerintah kabupaten (pemkab) melalui DPMTSP untuk bersinergi menyusun formulasi dokumen terkait kegiatan ekonomi dan investasi di Konawe yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Selama ini kami (LPPM) Kampus Unilaki melakukan riset. Bahwa hasil temuan ini yang kemudian akan didorong ke pemkab sebagai eksekutor kebijakan, untuk mengatur kegiatan pembangunan di bidang perekonomian daerah,” katanya. (irm/nir)

  • Bagikan