Pemkab Muna Siapkan Rp10 Miliar Bangun Kantor Perpustakaan dan Arsip

  • Bagikan
Pembangunan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muna dimulai. Berlokasi di samping Rumah Adat Barugano Wuna By Pass Kota Raha.

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah menyiapkan dana senilai Rp10 miliar, untuk membangun Kantor Perpustakaan dan Arsip berlantai 3 dan megah.

Kantor tersebut dibangun berdekatan dengan Rumah Adat Barugano Wuna di By Pass, Kota Raha.

Anggaran pembangunan kantor ini sebesar Rp10 miliar, yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muna Mulyati Ditu, saat dikonfirmasi wartawan koran ini Senin (19/7), membenarkannya.

“Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muna sedang dibangun saat ini. Konstruksinya berlantai 3. Lantai 1 diperuntukkan kegiatan anak-anak kita, lantai 2 diperuntukkan kegiatan umum dan rapat-rapat, dan lantai 3 untuk Kantor Perpustakaan dan Arsip,” jelas Mulyati Ditu pada koran ini.

Katanya, pembangunan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muna ini akan rampung di 2022.

“Insya Allah akan rampung tahun ini juga. Dengan adanya kantor baru yang representatif ini, maka banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Masyarakat, anak-anak dan remaja, dapat menggelar kegiatan seni dan budaya dilantai 1. Sekaligus kita mendorong agar masyarakat kita gemar membaca. Karena perpustakaan itu adalah gudang ilmu,” paparnya.

Pantauan koran ini kemarin di by pass Kota Raha (samping rumah adat Barugano Wuna), terlihat alat berat sudah dikerahkan untuk membersihkan lokasi pembangunan Kantor Perpustakaan dan Arsip ini. Perbersihan lokasi dilakukan sambil menunggu tiang pancang tiba untuk segera dipasang. (tri/nir)

  • Bagikan