3 Penyakit yang Mesti Diwaspadai di Musim Penghujan

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Sebanyak tiga penyakit yang musti diwaspadai pada saat musim penghujan yakni  demem berdarah dangue (DBD), influensa dan diare.

Pasalnya, ketiga penyakit tersebut dipastikan akan mengalami peningkatan apalagi musim penghujan seperti sekarang ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg Rahminingrum mengatakan tiga penyakit yang tersebut merupakan penyakit menular yang memang paling sering terjadi jika musim hujan datang.

“Penyakit yang biasanya mengalami peningkatan di musim penghujan tentunya DBD, influensa. Biasanya untuk daerah-daerah yang tercemar sumber air bersihnya bisa saja terjadi kenaikan kasus diare,” kata Rahminingrum, Rabu (20/7).

Olehnya itu, untuk mencegah naiknya penyakit tersebut, Rahminingrum meminta masyarakat sebaiknya selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, DBD, Influensa dan diare merupakan penyakit menular yang disebabkan kurangnya kebersihan lingkungan.

“Jadi tentunya saya selaku Kepala Dinas kesehatan Kota Kendari menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar di musim penghujan ini lebih memperhatikan lingkungan. Untuk kita kita terhindar dari demem berdarah dangue pastikan dirumah tidak ada jentik nyamuk,” ujarnya.

“Demikian juga untuk kasus lain, pastikan lingkungna sekitar kita itu bersih. Karena, banyak penyakit yang disebebkan karena perilaku masyarakat terhadap lingkungan yang masih kurang bagus,” tambahnya. (cr1/nan)

  • Bagikan