Wagub Imbau Lestarikan Situs Sejarah

  • Bagikan
Wagub Sultra Lukman Abunawas didampingi Danlanud Haluoleo Kolonel Penerbang Andy Ferdinand Picaulima saat melakukan kunker di Konkep Sabtu (30/7).

KENDARI, BKK – Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukam Abunawas mengimbau untuk terus melestarikan situs sejarah yang ada di Bumi Anoa.

Itu diungkapkan saat didampingi Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Haluoleo Kolonel Penerbang Andy Ferdinand Picaulima melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sabtu (30/7).

Dalam kunjungannya itu untuk meninjau situs sejarah jatuhnya pesawat sekutu B42 milik Amerika Serikat saat perang dunia II di Desa Landianta, Kecamatan Wawonii Timur.

Wagub Sultra, Lukman Abunawas menyampaikan agar pemerintah setempat bisa melestarikan situs sejarah yang ada di daerah tersebut untuk dijadikan media pendidikan.

“Juga media pengingat sejarah perjuangan anak bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

“Jadi kunjungan ke lokasi jatuhnya pesawat pembom milik amerika tersebut serta melihat persiapan pengibaran bendera merah putih di bawah laut saat perayaan HUT kemerdekaan adalah manifestasi pemerintah Sultra dalam rangka memelihara situs sejarah dan semangat kemerdekaan,” ungkapnya. (cr3/nan)

  • Bagikan