Pemprov Turun Tangan Buka Kembali Jalur Penerbangan ke Wakatobi

  • Bagikan
Muhammad Rajulan. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) turun tangan untuk membuka kembali jalur penerbangan ke Wakatobi.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sultra Muhammad Rajulan mengatakan, upaya ini perlu dukungan dari kepala daerah yang terdampak.

Sekedar informasi, pihak Wings Air memili menyatakan setop beroperasi ke Wakatobi sejka 8 Juli 2022.

“Menurut penjelasan dari manajemen Wings (pemberhentian operasi) ini karena kenaikan signifikan harga bahan bakar pesawat. Sehingga, berdampak kepada biaya operasional,” ujar Rajulan, Selasa (2/8).

Di sisi lain, sambung dia, masyarakat yang memanfaatkan pesawat ke wakatobi itu tidak terlalu banyak, kadang hanya setengah dari kapasitas muatan.

Menurut Rajulan, pembukaan kembali jalur penerbangan ini masih harus melalui proses. Pasalnya, perlu ada dukungan, baik pemprov maupun kepala daerah yang terkena dampak tersebut, di antaranya Buton, Baubau, Buton Selatan, dan Buton Tengah.

“Rencananya ada subsidi yang akan diberikan. Sudah ada hitung-hitungannya berapa subsidi yang akan diberikan dari pihak Lion Air (perusahaan induk Wings Air). Dalam waktu dekat kami bahas itu (subsidi) bersama-sama,” terangnya.

Rajulan mengungkapkan, rencananya subsidi tersebut akan dibebankan kepada pemprov dan kepada daerah yang terdampkak.

“Jadi subsidi ini nanti kita akan tanggung bersama-sama. Nanti dilihat seberapa besarannya. Tentu pertama dengan kemampuan masing-masing,” pungkasnya. (cr3/man)

  • Bagikan