Pemprov Pastikan Stok Pangan Tercukupi hingga 5 Bulan ke Depan

  • Bagikan
Ari Sismanto. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Tenggara (Sultra) Ari Sismanto memastikan stok pangan, terutama beras, masih aman dan terkupi hingga 5 bulan ke depan.

“Secara keseluruhan stok bahan pokok di Sultra itu aman, baik itu beras ataupun pangan lainnya stoknya bisa sampai 5 bulan ke depan,” ujarnya, Rabu (3/8).

Ari mengungkapkan, ketersediaan beras di Sultra hingga saat ini 118.867 ton. Sementara, kebutuhan masyarakat per bulannya hanya sekitar 18.977.

“Untuk bahan pokok yang lain; seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai, stoknya juga relatif aman dan juga tidak terdapat gejolak harga,” katanya.

Ari menegaskan, tidak ada masalah dalam hal distribusi pangan. Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat juga masih sangat baik, sehingga pada dasarnya untuk pangan di Sultra tidak terdapat persoalan.

Meski demikian, Ari mengimbau, masyarakat tidak terlalu panik ataupun galau akan cuaca ekstrem yang nantinya bisa berdampak pada ketersediaan stok bahan pokok di pasaran.

“Karena stok bahan pokok itu hingga beberapa bulan ke depan masih dalam kategori aman,” tandasnya.

Ari mengaku, ada beberapa komoditi yang sempat mengalami kenaikan harga tetapi masih dalam batas kewajaran.

“Jika terjadi gejolak pasar, itu diakibatkan karena tingkat kebutuhan. Saat ini terjadi musim pesta, sehingga mengakibatkan harga-harga itu naik,” tuntasnya. (cr3/man)

  • Bagikan