Bupati Konsel Minta Pengelola BUMDes Tingkatkan Kinerja dan Profesionalisme

  • Bagikan
Surunuddin Dangga.

ANDOOLO, BKK – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga meminta kepada seluruh para pengelelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Konsel, untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam mengelola BUMDes.

“Keberadaan BUMDes, untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. Untuk itu diharapka untuk dikelola dengan baik daan profesionalisme,” jelas Surunuddin.

Selain untuk memperkuat perekonomian desa, kata orang nomor 1 di Konsel itu, keberadaan BUMDes memperkuat potensi desa, yang belum dimanfaatkan secara optimal terutama kekayaan desa dan terdapat permintaan di pasar, serta tersedia sumber daya manusia yang mampu mengelola BUMDes sebagai aset penggerak perekonomian masyarakat.

Untuk itu, kata dia, perlu upaya serius semua pihak terkait, agar pengelolaannya dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional. Pengelolaan BUMDes harus dilakukan dengan sistem manajemen yang baik. Para pengelolanya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen yang baik pula.

“Jadi saya harapkan pengelola BUMDes di setiap desa itu harus ada pembinaan dari dinas terkait, sehingga kualitas manajemen dan sumber daya manusia pengelola BUMDes di daerah ini ke depan semakin baik,” harap Bupati Konsel dua periode itu. (ril/nir)

  • Bagikan