Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil di Pasar Tradisional Kendari

  • Bagikan
Salah satu lapak penjual sayuran di Pasar Baruga. (FOTO: WATY/BKK).

KENDARI, BKK – Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Kendari saat ini relatif stabil, jika dibandingkan dengan keadaan bulan lalu.

Salah satu pedagang di Pasar Baruga Risna mengatakan, harga kebutuhan pokok saat ini sudah stabil karena hampir semua barang berangsur kembali ke harga normal.

“Harga yang sudah turun saat seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabe rawit, cabe keriting, wortel, kentang, serta sayuran juga relatif stabil,” ungkapnya, Selasa (9/8).

Dijelaskan, harga bawang merah kini dibanderol seharga Rp40 ribu/kg, sangat jauh dari bulan lalu senilai Rp80 ribu/kg. Kemudian, Bawang putih dibanderol seharga Rp40 ribu/kg, yang bulan lalu seharga Rp50 ribu.

“Alhamdulillah saat ini harga kebutuhan pokok sudah turun, jika dibandingkan dengan bulan lalu. Kenaikan juga bulan lalu karena dipengaruhi juga hari raya Iduladha, sehingga kebutuhan masyarakat juga melonjak,” ucapnya.

Untuk harga tomat sendiri, lanjut Risna, kini turun menjadi Rp12 ribu/kg dari harga bulan sebelumnya yang mencapai Rp25 ribu/kg.

“Cabai rawit kini dibanderol seharga Rp60 ribu/kg, harga ini juga sangat jauh jika dibandingkan dengan bulan dijualkan sebesar Rp90 ribu/kg, cabe keriting dibanderol dengan Rp40 ribu per kg, kalau harga normalnya sebesar Rp25 ribu per/kg,” terangnya.

Risna menuturkan, untuk harga sayuran juga relatif stabil seperti sayur bayam kini seharga Rp5 ribu per 2 ikat, kacang panjang Rp7 ribu per ikat, serta kangkung Rp10 ribu per 3 ikat.

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Anduonohu di mana harga kebutuhan pokok juga relatif stabil.

Salah satu pedagang di Pasar Anduonohu Basir menjelaskan, ada beberapa kebutuhan yang penurunan harganya drastis jika dibandingkan momen Iduladha bulan lalu. Seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

“Cabai rawit kini dibanderol seharga Rp70 ribu/kg, turun jika dibandingkan dengan bulan lalu sebesar Rp100 ribu/kg. Untuk harga cabai rawit dijualkan sebesar Rp35 ribu – Rp50 ribu/kg, cabai keriting kini dibanderol seharga Rp45 ribu/kg, sebelumnya Rp85ribu/kg,” jelasnya.

Kemudian, bawang merah kini seharga Rp45 Ribu per/kg jika dibandingkan dengan bulan lalu Rp80 ribu/kg. Sedangkan harga normalnya bawang merah itu sebesar Rp35ribu/kg dan kalau untuk bawang putih kini dibanderol seharga Rp40ribu/kg.

“Tomat kini dibanderol seharga Rp15 ribu/kg. Sebelumnya waktu bulan lalu di jualkan dengan harga Rp22 ribu/kg,” sebutnya.

Di tempat yang sama, juga salah satu masyarakat yang berbelanja Wa Labe mengaku bersyukur karna harga bahan pokok di pasar berangsur turun.

“Alhamdulillah harga bawang dan cabai saat ini sudah turun karena kita ini kalau memasak pasti membutuhkan juga bawang dan cabai,” tandasnya. (cr4/ada)

  • Bagikan